FBI Temukan Dalang di Balik Pencurian 1,2 Miliar Password di Media Sosial

Pelakunya adalah "Mr Grey".

Pemerintah Amerika Serikat tengah melakukan langkah yang signifikan untuk membongkar kasus pencurian password di internet sebanyak 1,2 milliar. Namun, kini publik bisa bernafas lega karena Badan Intelejen Amerika Serikat (FBI) telah membongkar dalang di balik pencurian password tersebut.

FBI Temukan Dalang di Balik Pencurian 1,2 Miliar Password di Media SosialSumber Gambar: ubergizmo.com

Dilansir Reuters, (30/11), sang pencuri adalah seorang hacker yang diberi nama sebagai “Mr. Grey”. Identitasnya berhasil diungkap berkat data yang diumumkan oleh pihak keamanan Hold Security. Dalam data tersebut, dikonfirmasikan bahwa tindakan pencurian informasi ini dilakukan oleh peretas asal Rusia, CyberVor. Untungnya, FBI bertindak cepat dalam mengungkap pencurian 1,2 milliar password yang melibatkan 500 juta alamat email.

FBI Temukan Dalang di Balik Pencurian 1,2 Miliar Password di Media SosialSumber Gambar: cdn.com

FBI memulai investigasi dengan menjelajahi berbagai forum peretas yang ada di rusia. Kemudian mereka mendapatkan pesan dari “Mr. Grey” yang mengatakan bahwa siapapun yang ingin mengetahui informasi mengenai pengguna Twitter, Facebook, dan sosial media bisa menghubunginya.

Hal ini membuktikan bahwa sang hacker buronan ini ternyata memiliki akses menuju database yang berisi data curian. Pasalnya “Mr. Grey” menggunakan banyak domain dan email untuk memudahkan aksinya.

FBI Temukan Dalang di Balik Pencurian 1,2 Miliar Password di Media SosialSumber Gambar: aolcdn.com

Topik:

Berita Terkini Lainnya