Gadis Ini Menjual Password Unik dan Aman Seharga Rp 27.000

Dengan password buatannya, dijamin akunmu aman!

Password akun yang lemah bisa memicu kerugian. Peretas akan dengan mudah mencuri data dan bahkan menggunakannya untuk hal-hal yang tak terpuji. Maka, sangat penting memiliki password yang kuat dan susah ditebak para hacker.

 Gadis Ini Menjual Password Unik dan Aman Seharga Rp 27.000Sumber Gambar: tnwcdn.com

Dilansir Ars Technica, (27/10), seorang gadis bernama Mira Modi membuka jasa pembuatan password. Dia mampu memberikan layanan pembuatan password dengan jaminan keamanan mumpuni. Cara yang dia lakukan adalah membuat passphrase atau password panjang yang memiliki jumlah 20 sampai dengan 40 karakter disertai simbol. Dia juga menerapkan metode yang bernama diceware.

 Gadis Ini Menjual Password Unik dan Aman Seharga Rp 27.000Sumber Gambar: siliconbeat.com

Diceware adalah metode dengan memakai dadu. Jadi 6 sisi dadu dilempar untuk menghasilkan angka secara acak. Setelah itu, hasil dari angka acak yang keluar tersebut akan dicocokan dengan 7.000 daftar kata pendek yang telah disediakan.

Dengan kombinasi tersebut, maka tercipta password baru dengan kata-kata yang sangat susah untuk ditebak dan justru tidak nyambung sama sekali, misalnya saja adalah: "ample banal bias delta gist latex".

 Gadis Ini Menjual Password Unik dan Aman Seharga Rp 27.000Sumber Gambar: cloudfront.com

Menariknya, password panjang tersebut memang sangat panjang, namun cukup mudah untuk diingat oleh pemiliknya. Dengan konsep pembuatan password yang super aman ini, maka akun perusahaan atau perorangan menjadi lebih aman. 

Dari bisnis ini, Modi bisa mendapatkan penghasilan dua dolar Amerika atau setara dengan 27.000 rupiah untuk satu password. Usut punya usut, ternyata ide ini didapatkan dari orangtuanya yang bekerja sebagai seorang jurnalis.  

Topik:

Berita Terkini Lainnya