Mengharukan, Induk Singa Ini Susui Anak Macan Tutul

Padahal biasanya kalau ketemu langsung dilahap.

Singa dan macan tutul Afrika bukanlah teman akrab. Faktanya, keduanya hidup di alam liar bagaikan air dan minyak. Keduanya bahkan kerap saling bunuh untuk berebut buruan. Jadi, cukup mengejutkan ketika National Geographic, (14/7) melaporkan seekor singa betina berusia lima tahun terlihat menyusui seekor macan tutul berusia satu minggu. Anak macan tutul itu terlihat sedang kehausan sebelum dia menemukan induk singa tersebut. Kejadian itu diketahui terjadi di Kawasan Konservasi Ngorongoro, Tanzania.

Mengharukan, Induk Singa Ini Susui Anak Macan TutulTime.com via Panthera/Joop Van Der Linde, Ndutu Lodge

Tidak jelas bagaimana awal mula singa dan macan tutul tersebut bisa berinteraksi. Namun tindakan sang ibu singa itu diduga berasal dari insting agresifnya untuk memberikan susu kepada bayi macan tutul yang baru lahir tersebut. Presiden dan Kepala Petugas Konservasi Nirlaba Kucing Liar Panthera, Luke Hunter mengatakan bahwa hal ini belum pernah terjadi sebelumnya. 

Padahal singa betina tersebut juga memiliki beberapa anak yang tengah bersembunyi di semak-semak.

Mengharukan, Induk Singa Ini Susui Anak Macan TutulJoop Van Der Linde, Ndutu Lodge/National Geographic

Singa betina yang dikenal dengan nama Nosikitok tersebut nyatanya telah memiliki beberapa anak yang tersembunyi di semak-semak. Terlebih lagi, anak-anak si ibu singa ini berusia hampir sama dengan anak macan tutul tersebut. Lalu bagaimana dengan kandungan yang terdapat pada susu singa yang diberikan pada macan tutul ini?

Hunter menjelaskan bahwa sebetulnya kandungan susu singa tersebut tidak berbahaya bagi macam tutul ini. Pasalnya, kedua spesies ini menghasilkan susu yang sama dan menjalani periode menyusui yang sebanding.

Baca Juga: Benarkah Singa ini Dibius Agar Bisa Berpose dengan Pengunjung?

Dia juga menilai bahwa keinginan untuk bertahan hiduplah yang memicu bayi macan tutul ini untuk menyusui pada singa. Usai puas menyusui macan tutul, singa betina ini pun pergi menghampiri anak-anaknya yang lain dan memberikan perawatan yang sama.

Di balik tampangnya yang mengerikan, ibu singa diklaim sebagai ibu terbaik di dunia.

Mengharukan, Induk Singa Ini Susui Anak Macan TutulJoop Van Der Linde, Ndutu Lodge/National Geographic

Hunter juga menuturkan bahwa di balik tampang ibu singa yang mengerikan, dia sebetulnya merupakan ibu yang setia dan terbaik di dunia. Tapi dia tidak menutup kemungkinan bahwa hal ini terjadi karena sebatas “keajaiban” semata. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa macan tutul dan singa bukanlah kawan akrab.

Dalam situasi normal, seekor macan tutul akan tinggal bersama ibunya selama 12 sampai 14 bulan. Sayangnya,  beberapa anak macam tutul yang telah yatim piatu harus bertahan hidup pada usia tujuh sampai delapan bulan. Jadi berumur dua bulan masih terlalu muda untuk bisa bertahan hidup, apalagi jika umurnya baru dua minggu seperti macan tutul yang menyusu pada induk singa ini.

Hunter mengatakan bahwa singa betina mengadopsi anak singa yang lain adalah hal yang biasa. Namun, kalau ada singa yang mengadopsi atau merawat anak dari spesies lain itu baru yang namanya luar biasa. Pasalnya, singa betina berpotensi membunuh bayi macan tutul jika mereka menemukannya. Pasalnya, mereka melihat macan tutul sebagai predator lain dalam rantai makanan yang bersifat sebagai “kompetitor”.

Baca Juga: Kedekatan Richardson dengan Singa-Singa Afrika Bikin Takjub Dunia. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya