10 Orang Tewas dalam Insiden Penembakan di Munchen, Jerman

Tidak ada pertanda apapun sebelumnya

Belum reda aksi teror truk maut di Nice beberapa hari yang lalu, kini dunia sekali lagi dibuat terkejut. Presiden Jerman Joachim Gauck dan Menteri Luar Negeri Frank-Walter Steinmeier telah menyampaikan kekhawatiran mereka usai penembakan di Munchen, Jerman yang menewaskan sedikitnya 10 orang pada hari Jumat malam 22 Juli 2016. Serangan di Munchen tersebut benar-benar sangat mengejutkan karena tidak ada pertanda apapun sebelumnya.

Dilansir Al Jazeera, (23/7), polisi Jerman mengatakan bahwa penembakan di Munchen adalah situasi teror akut. Media lokal Jerman melaporkan setidaknya ada sepuluh orang tewas dalam penembakan di Kota Munchen, Jerman. Stasiun kereta sentral Munchen telah dikosongkan dalam satu operasi polisi.

10 Orang Tewas dalam Insiden Penembakan di Munchen, Jermancnn.com

Polisi Munchen pada Jumat petang melaporkan mereka melakukan operasi besar di pusat pertokoan Munchen akibat penembakan tersebut. Pada saat itu, polisi meminta warga agar menjauhi tempat umum, sebab para penyerang masih berkeliaran.

Baca Juga: Video Saat Truk Maut Menghantam Kerumunan Bastille Day di Nice, Perancis. 

10 Orang Tewas dalam Insiden Penembakan di Munchen, Jermancnn.com

Selain itu, polisi juga meminta warga agar berhenti menyiarkan informasi operasi polisi di sosial media, sebab itu akan membantu para penyerang. Polisi Munchen pada Jumat petang melaporkan mereka melakukan operasi besar di pusat pertokoan Munchen karena terjadinya penembakan. Menurut beberapa saksi mata yang menulis di jejaring sosial, tembakan dilepaskan di pusat kota dan ada beberapa orang yang tergeletak di tanah.

Serangan tembakan di Jerman terjadi tepatnya di sebuah mal.

10 Orang Tewas dalam Insiden Penembakan di Munchen, Jermancnn.com

Serangan penembakan ini terjadi di sebuah mal di Jerman pada. Hingga saat ini para pelaku penembakan tersebut masih belum teridentifikasi. Sebuah sumber berita lokal Jerman menyatakan bahwa setidaknya salah satu pelaku serangan dalam mal tersebut sudah mati bunuh diri. Namun berita ini belum mendapat konfirmasi dari pihak kepolisian.

Polisi mengatakan pihaknya belum mengetahui tentang keberadaan dan jumlah pelaku serangan, meskipun ada dugaan bahwa jumlah mereka mungkin mencapai tiga orang. Polisi juga menemukan salah satu jenazah yang diduga adalah pelaku penembakan.

10 Orang Tewas dalam Insiden Penembakan di Munchen, Jermancnnindonesia.com

Di dalam ransel pelaku tersimpan bahan peledak, sehingga perlu mendatangkan robot untuk mengamankannya. Kepolisian kota Munchen mengingatkan bahwa kondisi keadaan darurat keamanan diberlakukan sehubungan dengan masih aktifnya orang-orang bersenjata. Dan polisi sedang mencari para pelaku teror.

10 Orang Tewas dalam Insiden Penembakan di Munchen, Jermancnn.com

Kepolisian Federal Jerman sudah mengutus unit anti teroris ke kota Munchen untuk membantu dalam perburuan pelaku.

Baca Juga: Terungkap, Ini Profil Pelaku Teror di Nice, Perancis yang Tewaskan 84 Orang!

Topik:

Berita Terkini Lainnya