Antara iOS dan Android, Mana yang Lebih Lemah?

iOS memiliki kecenderungan lebih besar untuk diserang thread.

iOS dan Android adalah dua sistem operasi yang bersaing satu sama lain. Namun, saat ini banyak orang yang menganggap bahwa sistem operasi Android paling rentan dengan serangan dibandingkan iOS.

Dilansir CSOnline, (12/11), steorotipe ini perlu pengkajian ulang. Menurut vendor keamanan Checkmarx dan AppSec Labs, aplikasi iOS memiliki kecenderungan lebih besar untuk diserang oleh thread dibandingkan Android.

Antara iOS dan Android, Mana yang Lebih Lemah?Sumber Gambar: touchtap.com

Dalam sebuah analisis yang dilakukan vendor tersebut, kerentanan sistem operasi iOS mencapai angka 40 persen. Sementara itu kerentanan Android hanya mencapai 36 persen saja. Proses analisa dilakukan dengan menguji ratusan aplikasi yang tersedia dalam Android dan iOS. Aplikasi tersebut antara lain aplikasi game, keamanan, retail, banking, game, produktivitas, dan lain sebagainya.

Antara iOS dan Android, Mana yang Lebih Lemah?Sumber Gambar: cdn.com

Kendati mengklaim bahwa aplikasi banking mempunyai tingkat keamanan yang mumpuni, hasil pengujian justru menunjukan fakta sebaliknya. Aplikasi keuangan ternyata berpotensi mengalami pembocoran informasi personal dengan presentase 20 persen. Sementara itu di posisi kedua adalah kerentanan otentikasi dengan jumlah 23 persen. 

Antara iOS dan Android, Mana yang Lebih Lemah?Sumber Gambar: technologydiaries.com

Topik:

Berita Terkini Lainnya