Gerhana Matahari Total di Depan Mata, Ini 5 Cara Menikmatinya!

Catat ya, tanggal 9

Gerhana matahari total sudah di depan mata. Peristiwa yang hanya terjadi di Indonesia ini bakal terjadi pada 9 Maret 2016. Tentu kamu tak boleh ketinggalan, karena peristiwa ini sangat langka. Terakhir kali terjadi pada tahun 1995.

Lalu bagaimana cara menikmati gerhana matahari total dengan cara yang menyenangkan? Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan.

1. Isi penuh baterai gadget kamu.

Gerhana Matahari Total di Depan Mata, Ini 5 Cara Menikmatinya!Sumber Gambar: detik.com

Kamu harus menyiapkan semua baterai gadget sedari malam. Isi sampai penuh. Kalau perlu kamu bisa membawa powerbank. Kamu harus memastikan dengan mengisinya penuh juga. Acara ini akan berlangsung seharian.

2. Jangan lupa kacamata dan topi.

Gerhana Matahari Total di Depan Mata, Ini 5 Cara Menikmatinya!Sumber Gambar: tsatic.net

Kamu bisa mengenakan kacamata khusus untuk gerhana matahari. Jangan lupa kacamata hitam karena cuaca lebih panas. Mengenakan kacamata hitam bisa membantu mengurangi pusing karena matahari yang terlalu terik. Jangan lupa juga memakai topi untuk melindungi kepala.

Baca Juga: Kamu Bisa Melihat Gerhana Matahari di Indonesia Setelah 21 Tahun Berlalu.

3. Kenali “timing” yang tepat melihat gerhana matahari.

Gerhana Matahari Total di Depan Mata, Ini 5 Cara Menikmatinya!Sumber Gambar: okezone.com

Cara yang aman untuk mengamati gerhana adalah saat matahari perlahan tertutup bulan dan kondisi langit berangsur menjadi gelap. Sangat dianjurkan untuk menggunakan filter atau kacamata khusus untuk melihat matahari.

Pastikan untuk tidak terlalu fokus karena saat itu matahari belum semuanya tertutup. Sebagian sinar matahari yang masih memancar kuat berakibat pada merusak retina mata.

4. Kalau kamu ingin melihat gerhana matahari jangan lama-lama. Cukup dua sampai tiga menit saja.

Gerhana Matahari Total di Depan Mata, Ini 5 Cara Menikmatinya!Sumber Gambar: klimg.com

Durasi aman melihat gerhana matahari total ini hanya dua sampai tiga menit saja. Setelah itu matahari akan tersibak dan langit kembali cerah. Saat matahari mulai tersibak maka filter mata harus dipakai agar cahaya matahari tidak merusak retina.

5. Gerhana matahari total berbahaya itu mitos!

Gerhana Matahari Total di Depan Mata, Ini 5 Cara Menikmatinya!Sumber Gambar: babeoke.com

Melihat fenomena gerhana matahari itu aman kok. Asalkan kamu tidak terlalu asik melihatnya. Jadi jangan ada lagi pembohongan massal seperti tahun 1983. Saat itu banyak yang mengatakan gerhana matahari berbahaya dan bisa membuat mata buta. Orang-orang disuruh masuk ke dalam rumah dan jendela-jendela rumah dikunci.

Sudah siap melihat gerhana matahari?

Baca Juga: Sinetron Khas Tahun 90an yang Bikin Kamu Kangen.

Topik:

Berita Terkini Lainnya