Kabur dari Penjara, Tahanan Ini Manfaatkan Drone

Bagaimana cara Causey lolos dari penjara dengan keamanan super ketat ini?

Apa yang dilakukan oleh tahanan ini membuktikan banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa kabur dari penjara, terutama dengan memanfaatkan teknologi dan fasilitas yang semakin canggih saat ini. Sebagaimana yang dilakukan Jim Causey (46) saat ini. Tahanan ini berhasil keluar dari penjara dengan keamanan tinggi usai sebuah pesawat tak berawak atau drone menjatuhkannya pemotong kawat dan telepon genggam tepat ke arahnya.

Kabur dari Penjara, Tahanan Ini Manfaatkan Droneheavy.com

Dikutip Reuters, (10/7), nama Jim langsung masuk menjadi daftar pencarian orang (DPO) dari Lembaga Pemasyarakatan Lieber di Ridgeville, South Carolina. Petugas baru menyadari kalau mereka kecolongan setelah menghitung jumlah tahanan yang ada di lapas tersebut.

Nama Causey tidak muncul di selnya. Lucunya lagi, dia malah menyelipkan boneka buatannya sendiri yang dimasukkan di dalam selimut untuk mengelabui petugas yang berjaga. Tipu muslihat semacam ini pernah terjadi sebelumnya pada peristiwa pelarian seorang tahanan tahun 1962 di penjara Alcatraz.

Bagaimana cara Causey lolos dari penjara dengan keamanan super ketat ini?

Kabur dari Penjara, Tahanan Ini Manfaatkan Dronevocativ.com

Causey melancarkan aksinya dengan menggunakan ponsel selundupan serta alat pemotong kawat yang digunakannya untuk kabur dari penjara. Sebuah drone diduga mengirimkan dua “alat penakluk” keamanan penjara tersebut. Selanjutnya, Causey memotong pagar kawat penjara itu dan meninggalkan boneka di tempat tidurnya untuk mengelabui sipir penjara.

Ini bukan pertama kalinya dia mencoba kabur dari penjara. Sebelumnya pada tahun 2005, Causey pernah menggunakan boneka yang terbuat dari kertas toilet untuk melarikan diri. Dia dan sejumlah narapidana lain kemudian kabur dan bersembunyi di sebuah truk sampah yang tak terjaga oleh pihak keamanan. Meski berhasil kabur, saat itu Causey dan teman-temannya berhasil tertangkap setelah seorang wanita berpura-pura mengantarkan pizza ke motel mereka dan membawa polisi.

Penggunaan drone untuk mengantarkan barang-barang selundupan seperti obat bius dan ponsel di penjara AS memang sering terjadi. Bulan Mei 2017 lalu, dua orang ditangkap karena mencoba menerbangkan pisau, ganja dan telepon ke sebuah penjara dengan tingkat keamanan medium.

Baca Juga: Tragedi Berdarah Penjara Brasil: 7 Orang Dipenggal dan 6 Dibakar Hidup-Hidup. 

Setelah pencarian panjang, akhirnya Causey berhasil tertangkap lagi.

Kabur dari Penjara, Tahanan Ini Manfaatkan Droneheavy.com

Sepandai-pandai tupai melompat, pasti akan jatuh juga. Causey akhirnya ditangkap kembali di sebuah motel di Texas saat matahari terbenam dua hari setelah dia kabur. Ketika dia tertangkap kembali, polisi mengamankan uang tunai US$ 47.000 yang dibawa Causey, kartu identitas dan dua senjata yang dimilikinya.

Lieber, selaku petugas sipir setempat akhirnya dipecat sehubungan dengan pelarian Causey ini. Di tempat lain, Direktur Keamanan California, Bryan Stirling kini masih mendalami bagaimana sebuah pesawat tak berawak bisa terlibat dalam pelarian tahanan yang satu ini.

Baca Juga: Apa Kabar Jessica Kumala Wongso di Penjara?

Topik:

Berita Terkini Lainnya