Comscore Tracker

Kabur dari Suriah, Pria Ini Terdampar di Malaysia Selama 37 Hari

Kaya film "The Terminal" ya.

Kuala Lumpur, IDN Times - Perang yang berkecambuk di negara Suriah membuat kehidupan warganya tak menentu. Banyak yang memilih untuk pindah ke tempat lain mencari perlindungan. Tapi terkadang mendapatkan perlindungan tidak semudah yang dibayangkan.

Hal inilah yang terjadi pada seorang pria asal Suriah. Ia dibiarkan begitu saja di Bandara Kuala Lumpur. Bukan sejam atau dua jam, diaterlunta-lunta selama 37 hari tanpa solusi. Apa penyebabnya?

Kabur dari Suriah, Pria Ini Terdampar di Malaysia Selama 37 Haritheguardian.com

Diberitakan The Guardian, (12/4), Hassan al-Kontar mengaku dirinya terdampar di bandara utama Malaysia selama lebih dari sebulan setelah ditolak masuk di berbagai negara dan memohon bantuan untuk melarikan diri.

Dalam video yang dia unggah di YouTube, Hassan menggambarkan keadaannya ketika dia tiba di terminal Bandara Internasional Kuala Lumpur 37 hari yang lalu. Dia tidur di bawah tangga dan mandi di toilet. Dia seolah dibiarkan terdampar begitu saja oleh maskapai penerbangan dan petugas imigrasi.

Pria berusia 36 tahun ini mengaku ketakutan ditangkap di negara asalnya karena menolak panggilan dinas militer. Dia mencoba mencari perlindungan di berbagai negara tapi hasilnya nihil.  Dia juga dilarang memasuki Kamboja dan dia tidak diizinkan kembali ke Malaysia. Alhasil, dia pun terjebak di ruang transit terminal tanpa solusi yang jelas.

1. Pria ini merasa lemah, kesepian, dan tidak diinginkan

Kabur dari Suriah, Pria Ini Terdampar di Malaysia Selama 37 Haribbc.com

 “Saya merasa kesepian, lemah, tidak diinginkan dan ditolak. Tidak ada yang menerima saya,” tuturnya dalam video yang dia posting di YouTube.

"Saya tak tahu lagi apa yang harus dilakukan. Saya menghubungi hampir semua organisasi hak asasi manusia. Mereka kembali kepada saya dan mereka mengatakan mereka tidak dapat membantu.”

Baca juga: Serangan di Suriah, Badan Senjata Kimia Turun Tangan.

 “Mereka tidak punya solusi. Saya pun juga tidak punya solusi,” jelasnya. Ia mengaku sedih karena terdampar dan uangnya semakin menipis. Pria ini bahkan harus berhemat untuk makan paket nasi dan ayam yang disediakan maskapai penerbangan untuk makanan sehari-harinya.

2. Perang sipil menyebabkan warga Suriah hidup tunggang langgang

Kabur dari Suriah, Pria Ini Terdampar di Malaysia Selama 37 Harichannelnewsasia.com

Perang sipil di Suriah selama tujuh tahun terakhir mengakibatkan lebih dari 350.000 orang tewas. Kasus pria ini mengingatkan kita pada film tahun 2004 berjudul The Terminal. Dalam film tersebut, Tom Hanks memainkan peran sebagai seorang pria yang terjebak di bandara New York.  

Hasan sebelumnya telah bekerja di Uni Emirat Arab, tetapi dia kemudian dideportasi ke Malaysia pada Januari 2017. Namun karena permasalahan overstay visa turis tiga bulan, dia pun masuk ke blacklist (daftar hitam). Hal ini membuatnya tidak dapat masuk kembali ke negara tersebut.

3. Badan Pengungsi PBB akan menangani masalah pria ini

Kabur dari Suriah, Pria Ini Terdampar di Malaysia Selama 37 Harifreemalaysiatoday.com

Phil Robertson, Wakil Direktur Asia di Human Rights Watch, meminta Malaysia untuk memberikan akses penuh kepada Badan Pengungsi PBB untuk bertemu Hasan. Hal ini dimaksudkan untuk menyelidiki statusnya sebagai pengungsi dan memastikan dirinya mendapatkan bantuan kemanusiaan.

"Pihak berwenang Malaysia terus mengatakan mereka prihatin tentang pertumpahan darah yang ditimbulkan dalam perang sipil di Suriah, tetapi kasus seperti Hassan Kontar akan menunjukkan apakah Malaysia siap untuk mendukung retorika itu dengan tindakan nyata," kata Robertson.

Simak video lengkap Hasan berikut ini:

Baca juga: Serangan di Suriah, Badan Senjata Kimia Turun Tangan.

Topic:

Berita Terkini Lainnya