Comscore Tracker

Pemerintah Austria Menyita Rumah Adolf Hitler, Apa Sebabnya?

Rezim Nazi pada 1939 telah membunuh jutaan orang

Untuk menghindari munculnya gerakan baru Nazi, pemerintah Austria secara resmi menyita rumah kelahiran Adolf hitler di Braunau am Inn, Wina.

Dilansir BBC.com, meski telah melakukan negosiasi selama bertahun-tahun dengan pemilik bangunan, negosiasi tersebut berakhir sia-sia. Bangunan tersebut disita dengan tujuan penghapusan permanen pemeliharaan, menekan penyebaran pemikiran Nazi dan demistifikasi tempat. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Wali kota Wina Michael Häupl.

Pemerintah Austria Menyita Rumah Adolf Hitler, Apa Sebabnya?bbc.com

Gerlinde Pommer adalah pengelola bangunan tersebut menerima 3.800 euro per bulan untuk menjaga tempat kosong yang menjadi rumah kelahiran seorang diktator pada 20 April 1889 silam. Secara konsisten Pommer menjaga rumah tersebut supaya tidak direnovasi, dijualbelikan, atau untuk tujuan komersial dalam bentuk apapun.

Bangunan dua lantai tersebut hinga kini kondisinya masih tetap sama seperti sejak awal Hitler dilahirkan. Namun, warna kuning yang mendominasi dinding bangunan tersebut kini mulai mengelupas dan berdebu. Terkadang ada warga yang mencongkel serpihan dari dinding atau jendela rumah hitler yang mengarah kejalan untuk jadi sekadar cinderamata.

Baca Juga: Ngeri! Inilah 11 Wanita Berjulukan Pembunuh Terkejam dalam Sejarah!

Pemerintah Austria Menyita Rumah Adolf Hitler, Apa Sebabnya?alifrafikan.blogspot.co.id

Setelah sebelumnya bangunan tersebut disewa oleh pemerintah, pada 1952 kepemilikannya dikembalikan kepada pemilik aslinya untuk dijadikan perpustakaan kota dan pusat penitipan orang cacat.

Rumah tersebut kini tidak ada bedanya dengan bangunan lain di sekitarnya, kecuali sebuah prasasti penanda yang bertuliskan: "Demi perdamaian, kebebasan dan demokrasi. Jangan pernah lagi ada Fasisme, kematian jutaan orang jadi peringatan". Banyak yang mengangap bangunan tersebut akan menjadi pusat dokumentasi korban Hitler untuk menghormati para korban yang meninggal di eranya.

Konon, rumah ini jadi tempat pemujaan bagi neo-Nazi.

Pemerintah Austria Menyita Rumah Adolf Hitler, Apa Sebabnya?alifrafikan.blogspot.co.id

Pemerintah Austria juga menyita rumah tempat kelahiran Adolf Hitler tersebut untuk mencegah pendukung neo-Nazi berziarah ke rumah tersebut. Sang pemilik rumah adalah seorang wanita pensiunan yang sudah berulang kali menolak penawaran orang-orang yang ingin membeli rumah yang berlokasi di Brunau am Inn ini.

Rencananya rumah ini nantinya akan dijadikan museum atau bahkan toko serba ada supaya makna politiknya hilang. Wakil Kanselir, Reinhold Mitterlehner, mengatakan bahwa proyek pemugaran dengan nilai pendidikan, seperti museum lebih cocok untuk rumah Hitler tersebut.

Jumlah orang yang berziarah ke rumah ini dari waktu ke waktu memang bertambah, berdasarkan data dari Pusat Dokumentasi Pertahanan Austria. Ketua pusat dokumentasi, Gerhard Baumgartner, mengatakan penggusuran bangunan tidak akan menyelesaikan masalah karena kelompok neo-Nazi malah akan membuatnya sebagai 'Alun-alun Hitler' atau 'Taman Hitler'.

Pemerintah Austria Menyita Rumah Adolf Hitler, Apa Sebabnya?bbc.com

Tempat tersebut akan segera dialihkan fungsinya menjadi tempat lain sehingga tidak ada orang yang ingin berfoto di depan rumah tersebut. Toko serba ada atau kantor pemadam kebakaran juga akan menjadi pilihan.

Pemilik rumah ini nantinya akan menerima kompensasi sesuai harga yang disepakati jika dia mengizinkan untuk digusur. Proposal penyitaan rumah tersebut telah diajukan di parlemen. Jika diterima maka keputusan akhir akan ditentukan oleh sebuah komisi yang terdiri dari 12 anggota dengan latar belakang politik, administrasi, akademis dan sosial.

Sebenarnya Adolf Hitler hanya tinggal di Jalan Salzburger Vorstadt selama beberapa minggu sebelum keluarganya pindah ke alamat lain di Braunau. Mereka meninggalkan kota itu ketika Hitler berusia tiga tahun. Rezim Nazi yang memicu perang dengan Polandia pada 1939 telah membunuh jutaan orang Yahudi pada masa itu.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu Sejarah Rumah Hantu Amityville yang Akan Membuatmu Bergidik Ngeri.

Topic:

Berita Terkini Lainnya