Pertukaran Pelajar Australia – Indonesia Melalui New Colombo Plan

Peluang pelajar untuk mengenyam pendidikan lebih luas.

Program pertukaran pelajar New Colombo Plan yang digalangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Pendidikan Internasional Australia memudahkan para pelajar yang ingin mengenyam pendidikan yang lebih global.

Dilansir dari Kemdikbud.go.id, (17/10), Indonesia adalah sebuah negara tujuan yang paling populer dalam program New Colombo Plan. Hal tersebut diungkapkan oleh Richard Colbeck, Menteri Pariwisata dan Pendidikan Internasional Australia.

Pertukaran Pelajar Australia – Indonesia Melalui New Colombo PlanSumber Gambar: titianfound.com

Colombo Plan adalah sebuah program pemerintah Australia guna mengembangkan pengetahuan Indo-Pacific dan meningkatkan hubungan institusional dua negara dengan melalui sektor pendidikan. Saat ini ada sekitar 7.000 pelajar asal Indonesia yang memperoleh beasiswa di Australia. Rentang usia dari para pelajar tersebut adalah 18 sampai dengan 28 tahun.

Pertukaran Pelajar Australia – Indonesia Melalui New Colombo PlanSumber Gambar: bpblogspot.com
Dalam program ini ada total sebanyak 38 negara tujuan selain Indonesia antara lain Bhutan, Bangladesh, Burma, Brunei Darussalam, Tiongkok, Cambodia, Federated States of Micronesia, Cook Islands, India, Fiji, Hong Kong SAR, Kiribati, Japan, Malaysia, Laos, Marshall Islands, Maldives, Nauru, Mongolia, Niue, Nepal, Palau, Pakistan, Philippines, Papua New Guinea, Samoa, Republic of Korea, Solomon Islands, Singapore, Taiwan, Sri Lanka, Timor-Leste, Tuvalu, Thailand, Tonga, Vietnam dan Vanuatu.
Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menuturkan bahwa New Colombo Plan bisa memberikan dampak positif yang signifikan bagi dunia pendidikan dan juga kebudayaan yang ada di Indonesia.
Pertukaran Pelajar Australia – Indonesia Melalui New Colombo PlanSumber Gambar: bisnis.com

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya