Comscore Tracker

Rayakan Hari Bumi, Google Tampilkan 5 Doodle Sekaligus!

Apa yang sudah kamu lakukan untuk bumi?

Sadarkah kamu kalau hari ini, Jumat 22 April 2016 adalah Hari Bumi?

Bersamaan dengan itu, tampilan logo halaman pencarian Google juga berubah. Dalam ilustrasi animasi Google Doodle hari ini, mereka menampilkan beberapa bagian yang berhubungan dengan lingkungan. Mulai dari ekosistem laut, darat dan kutub.

Rayakan Hari Bumi, Google Tampilkan 5 Doodle Sekaligus!Sumber gambar: google.co.id
Rayakan Hari Bumi, Google Tampilkan 5 Doodle Sekaligus!Sumber gambar: google.co.id

Dalam rangka merayakan Hari Bumi 2016, mereka menggambarkan dengan hutan, padang rumput, laut, padang pasir dan laut. Nampak pula ada, gurita, beruang, gajah dan rubah. Peringatan hari bumi 2016 ini juga memperlihatkan pemandangan kutub utara yang mana juga sama pentingnya bagi kelangsungan hidup manusia dimuka bumi.

Bagaimana awal mula adanya hari bumi ini?

Rayakan Hari Bumi, Google Tampilkan 5 Doodle Sekaligus!Sumber Gambar: republika.com

John McConnell adalah orang yang mempeloporinya pertama kali sehingga ada Hari Bumi. Semua bermula pada tahun 1969. Kala itu matahari tepat berada di atas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

Baca Juga: Batas Minimal KTP untuk Ahok Telah Terpenuhi, Apa Langkah Selanjutnya?

Usulan John McConnell yang ditujukan kepada PBB ini salah satunya berisikan sebuah hari peringatan untuk bumi dan konsep perdamaian internasional. Usulan tersebut lalu dikabulkan dan Hari Bumi Internasional pun dirayakan pertama kali pada tanggal 21 April 1970 yang merupakan hari musim semi pertama untuk belahan utara Bumi.

Rayakan Hari Bumi, Google Tampilkan 5 Doodle Sekaligus!Sumber gambar: flickr.com

Tepat pada tahun 2016 ini, sebuah perjanjian bernama Paris Agreement juga akan ditandatangani oleh Amerika Serikat, Tiongkok dan 120 negara lainnya. Perjanjian tersebut berisi mengenai berbagai aturan dan usaha untuk melestarikan bumi secara global. Isi perjanjian ini juga merupakan buah dari konferensi perubahan iklim PBB di Paris pada tahun 2015 kemarin.

Hari Bumi Internasional saat ini diperingati di 193 negara. Hari Bumi Internasional diperingati sebagai wujud peningkatan kepedulian dunia internasional kepada lingkungan, terutama dalam hal perubahan iklim yang menjadi isu saat ini.

Bagaimana Indonesia ikut merayakan Hari Bumi 2016?

Rayakan Hari Bumi, Google Tampilkan 5 Doodle Sekaligus!Sumber gambar: theguardian.com

Peringatan Hari Bumi 2016 ini pun disambut oleh beberapa tempat dan organisasi termasuk sekolah-sekolah di Indonesia. Misalnya seperti yang ditunjukan oleh siswa Sekolah Dasar (SD) Ungaran 1 Jogjakarta dengan membuat acara kirab busana tapi menggunakan kemasan daur ulang. Mereka pun juga menyanyikan dan meneriakkan yel-yel supaya masyarakat menjaga lingkungan.

Ada juga Generasi Hijau Nasional (Gerhana), sebuah gabungan puluhan mahasiswa Medan yang ikut memperingati Hari Bumi 2016. Mereka menggelar long march dan bagi-bagi bibit buah mulai dari Lapangan Merdeka hingga ke Bundaran Majestik, Medan.

Baca Juga: Masa Penahanan Tinggal 9 Hari, Akankah Jessica Menghirup Udara Bebas?

Topic:

Berita Terkini Lainnya