Comscore Tracker

Supermoon Terbesar dalam 70 Tahun Bakal Terjadi pada 14 November!

Saatnya nonton kalau gak mau menyesal

Tahun ini, bulan purnama yang terjadi pada Oktober, November, dan Desember akan berada di jarak terdekatnya dengan bumi atau biasa disebut dengan supermoon. Jadi buat kamu yang melewatkan fenomena langit pada Oktober lalu, jangan khawatir. Pasalnya, bulan akan terlihat sangat besar dan terang dalam kurun 70 tahun sekali pada supermoon 14 November mendatang.

Supermoon Terbesar dalam 70 Tahun Bakal Terjadi pada 14 November!Josef Hilderbrand/Getty via weather.com

Dilansir Ibtimes.com, (1/11), jangan sampai fenomena ini terlewatkan buat kamu karena bulan tak akan berada di jarak sedekat itu hingga 70 tahun mendatang lagi. Seorang astronom di Slooh Community Observatory, Bob Breman, mengatakan bahwa bulan purnama tidak hanya menjadi supermoon yang terdekat dan tercerah selama 2016, tapi juga terbesar sejak 1948.

Untuk menyaksikan fenomena tersebut, kamu tidak perlu menggunakan teleskop karena supermoon bisa disaksikan dengan mata telanjang. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, coba hindari polusi cahaya karena kecerahan bulan dapat terhalang oleh lampu kota atau awan.

Supermoon Terbesar dalam 70 Tahun Bakal Terjadi pada 14 November!Getty via cntraveler.com

Bulan purnama terjadi setiap bulan ketika matahari, bumi, dan bulan berada dalam garis sejajar. Supermoon sendiri terjadi ketika bulan berada di titik perigee atau titik terdekat dengan bumi. Pejabat NASA dalam sebuah pernyataan mengatakan, dengan dekatnya jarak tersebut bulan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih cerah di langit.

Baca Juga: Mabes Polri Bilang Pesan Berantai Kerusuhan 4 November 2016 Adalah Hoax!

Kamu yang ingin menikmati pemandangan indah, jangan lewatkan kesempatan ini.

Supermoon Terbesar dalam 70 Tahun Bakal Terjadi pada 14 November!Yin Bogu/Getty via weather.com

Di November nanti, bulan supermoon yang super besar itu akan berada di jarak sekitar 221.500 mil. Momen bulan paling dekat jaraknya dengan bumi akan terjadi jauh lebih lama lagi, tepatnya akan terjadi pada tahun 2086.

Momen itu juga diiring dengan Lunar Perigee atau bahasa sederhananya saat jarak bulan dan bumi berdekatan. Sedangkan untuk istilah bulan yang jaraknya jauh dengan bumi disebut Lunar Apogee.

Lintasan orbit bulan ke bumi cukup bervariasi sehingga menciptakan Perigee dan Apogee. Dalam kondisi normal, jarak bulan dan bumi bisa mencapai sekitar 300 ribu mil. Sedangkan dalam memasuki Perigee, bulan bisa menampilkan dirinya 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang melalui supermoon tersebut.

Supermoon Terbesar dalam 70 Tahun Bakal Terjadi pada 14 November!Jacob W. Frank/National Park Service via Yakimaherald.com

Pengaruh dekatnya bulan dengan bumi akan terasa ditandai dengan pasang air laut. Meski secara ukuran bulan lebih kecil dari matahari tetapi gaya gravitasi yang dipancarkan bulan dua kali lebih besar dari matahari. Sehingga dekatnya bulan akan mempengaruhi pasangnya air laut di bumi.

Baca Juga: 7 Bulan Tak Lagi Tampil di Publik, Benarkah Istri Kim Jong-un Dieksekusi?

Topic:

Berita Terkini Lainnya