Wow! Ada Teknologi Baru yang Lebih Cepat dari Wi-Fi

Kecepatan Internet-nya bisa mencapai 100 Gigabit per detik

Di era modern ini akses internet dianggap sebagai kebutuhan yang wajib. Tak hanya menggunakan paket data di smartphone saja, bahkan kita semua sudah mulai kecanduan dengan adanya Wi-Fi. Dengan menggunakan Wi-Fi, terkadang akses internet bisa lebih kencang dan dibagi-bagi dengan banyak orang. 

Tetapi kecepatan Wi-Fi yang masih kurang maksimal sering membuat banyak orang kebakaran jenggot. Apalagi jika Wi-Fi tersebut digunakan oleh banyak orang dalam satu ruangan, maka jaringan internet yang terbagi tersebut malah akan makin lemot jika digunakan.

Wow! Ada Teknologi Baru yang Lebih Cepat dari Wi-FiSumber gambar : techgiri.com

Baru - baru ini, Oxford University telah menciptakan sebuah penemuan baru bernama Li-Fi. Apa itu Li-Fi? Li-Fi adalah media yang serupa Wi-Fi. Bedanya, Li-Fi menggunakan “cahaya” sebagai medium untuk pengantar. Medium ini kemudian dipancarkan ke komputer secara nirkabel sehingga berperan layaknya jaringan Wi-Fi. Kecepatan internet yang bisa diberikan oleh Li-Fi tersebut bahkan bisa mencapai 100 Gigabit per detik. Angka in tentu lebih cepat berlipat-lipat kalinya dibandingkan dengan Wi-Fi standard yang tercepat saat ini. Pasalnya kecepatan paling maksimal untuk WI-Fi saat ini adalah 7 Gigabit per detik.

Sayangnya, teknologi ini masih terbatas dan digunakan dalam skala kecil saja. Bayangkan jika Li-Fi masuk ke Indonesia, mungkin berikut ini hal-hal yang akan terjadi.

1. Wajahmu yang jutek akan berubah jadi senyuman sumringah.

Wow! Ada Teknologi Baru yang Lebih Cepat dari Wi-FiSumber Gambar: ayobuka.com

Banyak orang yang tiba-tiba murung jika harus berhadapan dengan WI-Fi yang lemot. Tapi semua itu tak akan terjadi jika Li-Fi ada di sekitar kita. Gimana nggak? Kecepatan internetnya saja 100 Gigabit per detik. Kamu bisa download game, film, mengejarkan tugas apapun dalam kedipan mata. Kamu yang sering bête menunggu internet yang lemot, kini tak perlu risau lagi. Li-Fi bisa membuat hidupmu makin berwarna.

2. Kamu gak perlu bolak-balik telepon provider internet gara-gara wi-fi yang lemot.

Wow! Ada Teknologi Baru yang Lebih Cepat dari Wi-FiSumber Gambar: wp.com

Hal yang paling menyebalkan adalah ketika kamu harus telepon ke provider internet yang kamu gunakan gara-gara Wi-Fi tiba-tiba lemot. Kamu mungkin berpikir sudah bayar mahal-mahal tapi dapat pelayanan internet yang nggak memuaskan.

Tapi berbeda cerita jika kamu memakai Li-Fi yang berkecepatan ratusan kali lipat dari Wi-Fi biasa, kamu gak perlu lagi menghabiskan energimu untuk komplain ke orang.

3. Kamu akan berburu hard disk berukuran besar (lho kok bisa?).

Wow! Ada Teknologi Baru yang Lebih Cepat dari Wi-FiSumber Gambar: hardiskeksternal.com

Dengan kecepatan gila yang dimiliki Li-Fi, kamu mungkin akan ngiler untuk download film korea, download game terbaru, dan download file-file lainnya yang kamu inginkan. Alhasil, Hard Disk internal Desktop-mu akan penuh dan kamu akan berburu Hard Disk berukuran besar. Kamu mungkin akan beli yang berukuran 1 Terra Byte, 2 Terra Byte, atau bahkan 10 Terra Byte.

4. Streaming video dengan kecepatan dewa.

Wow! Ada Teknologi Baru yang Lebih Cepat dari Wi-FiSumber Gambar: marketingmag.ca

Kamu akan bisa streaming video dengan kecepatan dewa! Mau nonton YouTube, mau dengerin lagu via streaming, semua bisa kamu lakukan. Bahkan itu sudah layaknya makanan sehari-harimu karena saking mudahnya kecepatan internet yang dimiliki Li-Fi.

5. Kerjaanmu cepat selesai.

Wow! Ada Teknologi Baru yang Lebih Cepat dari Wi-FiSumber Gambar: bpblogspot.com

Di beberapa perusahaan yang mengandalkan koneksi internet, tentunya Li-Fi adalah dokter yang paling ampuh mengatasi masalah lemotnya jaringan. Digunakan oleh ratusan orang sekalipun speed-nya akan tetap stabil dan baik-baik saja. Kerjaanmu pun cepat selesai dan kamu bisa ucapkan “sayonara” pada jam lembur.

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya