Gempa di Meksiko Mengguncang Tepat pada Peringatan Gempa 1985 dan 2017

Gempa 1985, 2017, dan 2022 terjadi pada 19 September.

Jakarta, IDN Times - Gempa dengan kekuatan magnitudo 7,7 mengguncang bagian barat Meksiko pada Senin (19/9/2022). Gempa ini terjadi pada pukul 13.05 waktu setempat, dengan pusat gempa berada di dekat kota kecil bernama La Placita de Morelos, di negara bagian Michoacán dengan kedalaman 15 km.

Berdasarkan laporan CNN, ibu kota Meksiko, Mexico City yang terletak 500 km dari pusat gempa juga merasakan getaran kecil hingga sedang. Para petugas pemadam kebakaran saat ini sedang menutup akses publik ke beberapa bangunan di Mexico City karena dikhawatirkan akan roboh.

Baca Juga: Gempa di Meksiko Magnitudo 7,6 Terjadi Usai Simulasi Gempa Nasional 

1. Dampak terjadinya gempa M 7,7 di Meksiko

Dilansir oleh The Guardian, Presiden Meksiko, Andrés Manuel López Obrador mengonfirmasi melalui Twitternya bahwa terdapat satu orang korban jiwa di sebuah pusat perbelanjaan di Manzanillo, Colima. Berdasarkan informasi dari angkatan laut korban meninggal dunia akibat tertimpa bangunan pusat perbelanjaan yang roboh.

Sedangkan pihak berwenang dari negara bagian Michoacán melaporkan tidak ada kerusakan signifikan, selain beberapa retakan di bangunan-bangunan yang terletak di kota Coalcomán.

"Gempa itu dimulai dengan perlahan dan kemudian terjadi sangat kuat dan berlanjut dan berlanjut sampai mulai mereda," kata Carla Cárdenas (16) penduduk kota Coalcomán dikutip dari NPR

Berdasarkan laporan dari The Strait Times gempa ini terjadi satu jam setelah dilakukannya latihan darurat bencana di Mexico City. Orang-orang langsung kembali keluar bangunan mereka dan tumpah lagi ke jalanan untuk menyelamatkan diri. Wali Kota Mexico City, Claudia Sheinbaum melalui Twitter melaporkan tidak ada korban jiwa dan kerusakan akibat gempa.

Baca Juga: Beritakan 43 Mahasiswa Hilang, Jurnalis Meksiko Dibunuh

2. Tsunami kecil terjadi di garis pantai Meksiko

Sesaat setelah gempa terjadi, Pacific Tsunami Warning Center melaporkan bahwa gelombang ombak setinggi 3 meter dapat saja menghantam garis pantai Meksiko. Tsunami sangat mungkin terjadi di garis pantai seperti Manzanillo, Acapulco, dan destinasi wisata seperti Puerto Vallarta.

BNO News melansir sebuah video hasil rekaman penduduk lokal tentang terjadinya tsunami kecil di Manzanillo. Selain itu, gelombang tsunami dengan ketinggian kurang dari 0,3 meter juga dapat terjadi di pantai Kolombia, Kosta Rika, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Nicaragua, Panama, dan Peru.

Hingga saat ini, ancaman tsunami tidak memberikan dampak korban jiwa maupun kerusakan material.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 6,8 Mengguncang Taiwan, 1 Orang Tewas dan 164 Terluka 

3. Pernah diguncang 2 gempa mematikan di tanggal yang sama

Gempa pada Senin ini memberikan trauma yang mendalam bagi penduduk Meksiko. Pasalnya gempa ini terjadi pada tanggal yang sama dengan gempa dahsyat yang mengguncang Meksiko pada 1987 dan 2017.

"Ini kebetulan yang mengerikan! Kenapa lagi hari ini?" ujar Laura Resendiz (73) penduduk Mexico City seperti yang dikutip dari MSN. Bahkan pagi sebelum gempa terjadi Presiden Meksiko sempat mengikuti upacara pengibaran bendera untuk memperingati para korban dari dua gempa sebelumnya.

Pada 1985, gempa berkekuatan magnitudo 8,0 melanda ibu kota, Mexico City. Ribuan orang tewas, dengan perkiraan 5 ribu hingga 45 ribu jumlah korban. Ratusan bangunan runtuh dan peristiwa itu dikatakan telah menyebabkan kerusakan senilai antara 3 miliar hingga 4 miliar dolar AS (Rp44,5 miliar hingga Rp60 miliar).

Kemudian pada 2017 di tanggal yang sama, sekitar 370 orang tewas di kota Puebla di Meksiko tengah setelah diguncang gempa berkekuatan magnitudo 7,1, yang juga menyebabkan lebih dari 40 bangunan runtuh.

Rizaldy Prasetya Photo Writer Rizaldy Prasetya

Menulis tentang sejarah, sepak bola, dan dunia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya