Comscore Tracker

Indonesia, Negara dengan Penduduk Terpendek di Dunia

Negara mana yang tertinggi?

Berapakah Tinggi badan rata-rata pria dan wanita di seluruh dunia? Menurut Telegraph dalam artikel mereka di bulan Febuari 2017, tinggi badan rata-rata dapat bervariasi berdasarkan kelompok ras dan etnis, yang dikelompokkan berdasarkan negara. 

Negara dengan pria tertinggi adalah Belanda, di mana pria di negeri kincir angin tersebut rata-rata setinggi 6 kaki 0,25 inci (183 cm). Sementara negara dengan pria terpendek adalah Indonesia. Orang Indonesia memiliki tinggi badan rata-rata untuk laki-laki dewasa yaitu 5 kaki 1.83 inci (159 cm). 

Penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan anak sangat ditentukan oleh makanan yang baik. Prestasi pendidikan dan kesuksesan karir di masa depan juga sangat bergantung kepada nutrisi yang baik saat di dalam kandungan dan juga pada masa kecil sang anak. 

Orang Belanda jadi yang tertinggi di dunia.

Indonesia, Negara dengan Penduduk Terpendek di Duniasmh.com.au

Menurut eLife, Anak-anak dan remaja yang memiliki gizi lebih baik dan hidup di lingkungan yang lebih baik cenderung memiliki tubuh lebih tinggi. Ini menimbulkan konsekuensi seumur hidup untuk kesehatan dan bahkan mempengaruhi pendidikan dan pendapatan.

Beberapa penelitian menunjukkan orang yang lebih tinggi cenderung hidup lebih lama, mendapatkan pendidikan yang lebih baik dan bahkan berpenghasilan lebih banyak. Namun, tinggi badan juga membawa beberapa risiko kesehatan, karena penelitian juga telah menghubungkan tinggi badan dengan risiko kanker tertentu termasuk ovarium dan prostat. 

Orang Belanda terkenal dengan badan mereka yang tinggi. Penduduk di negeri belahan Eropa tersebut masuk dalam daftar 10 negara dengan penduduk tertinggi di dunia bersama Denmark, Norwegia, Jerman dan Kroasia. Berikut Daftarnya:

1. Belanda - 1.838m
2. Montenegro - 1.832m
3. Denmark - 1.826m
4. Norwegia - 1.824m
5. Serbia - 1.82m
6. Jerman - 1.81m
7. Kroasia - 1.805m
8. Ceko - 1.8031m
9. Slovenia - 1.803m
10. Luxembourg - 1.799m

Negara ASEAN memiliki penduduk terpendek di Dunia.

Indonesia, Negara dengan Penduduk Terpendek di DuniaDemografris negara dengan penduduk terpendek hingga tertinggi di dunia (Telegraph Travel Maps).

Negara-negara dengan penduduk terpendek di dunia kebanyakan berada di Asia Tenggara dan Amerika Selatan. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh  Association of Southeast Asian Nations DNA, orang Filipina merupakan ras terpendek kedua di dunia. Sementara orang Indonesia adalah satu-satunya orang yang lebih pendek dari orang Filipina di kawasan ini.

Berdasarkan penelitian tersebut, pria Filipina dan pria Vietnam memiliki tinggi rata-rata 162 sentimeter, 2 cm lebih pendek dari rata-rata tinggi Asia Tenggara 164 cm. Dan 2-4 cm lebih tinggi dari laki-laki Indonesia.

Penduduk wanita Filipina memiliki tinggi rata-rata sekitar 150 cm. 3 cm lebih tinggi dari perempuan Indonesia tapi juga 3 cm lebih pendek dari rata-rata wanita di Asia Tenggara.

Singapura adalah negara dengan penduduk tertinggi di Asia Tenggara, menjulang di atas tetangga mereka dengan tinggi rata-rata 171 cm untuk laki-laki dan 160 cm untuk wanita. Orang Thailand hampir identik dengan orang Singapura. Pria Thailand rata-rata setinggi 170 cm dan wanitanya 159 cm.

Sebagai perbandingan, tinggi rata-rata global untuk laki-laki adalah 173 cm. Dan 160 cm untuk perempuan. Berikut daftar negara-negara dengan penduduk terpendek di dunia:

1. Indonesia - 1.58m
2. Bolivia - 1.6m
3. Filipina - 1.619m
4. Vietnam - 1.621m
5. Kamboja - 1.625m
6. Nepal - 1.63m
7. Ekuador - 1.635m
8. Sri Lanka - 1.636m
9. Nigeria - 1.638m
10. Peru - 1.64m

Di Asia, orang Indonesia juga masuk golongan terpendek.

Indonesia, Negara dengan Penduduk Terpendek di Duniac.tribune.com.pk

Orang Asia selalu di stereotipe-kan sebagai bangsa yang bertubuh pendek dan kecil oleh dunia Barat. Namun, Korea Selatan berada di peringkat yang cukup tinggi dalam daftar urutan negara tertinggi dan terpendek di dunia. 

Pria Korea Selatan ditempatkan sebagai pria tertinggi ke-43 di dunia. Ini berarti bahwa dari semua negara di Asia Timur, Korea Selatan memiliki rata-rata pria tertinggi dengan tinggi badan 173 sentimeter.

Bagaimana pria di Korea Selatan bisa menjadi yang tertinggi di kawasan Asia? Para ilmuwan telah menelusuri adanya keterkaitan gen dan lingkungan tempat kita tinggal. Kebanyakan orang Korea berasal dari Asia bagian utara. Sedangkan orang-orang Jepang berasal dari bagian selatan Asia. 

Demikian juga halnya dengan pria-pria dari negara-negara Eropa utara yang selalu bertubuh lebih tinggi daripada pria-pria di belahan selatan Eropa. Pola yang sama untuk perbandingan dapat dilihat di orang-orang Asia utara hari ini dan orang-orang di Asia selatan (India, Dll).

Nutrisi juga memainkan peran penting dalam menentukan tinggi badan seseorang. Negara dengan kekayaan dan sumber daya kurang, termasuk makanan, memiliki penduduk yang lebih pendek.

Berikut daftar negara dengan penduduk mulai yang tertinggi hingga terpendek di Asia.

1. Korea Selatan: 
2. China:
3. Jepang:
4. Singapore
5. Thailand dan Laos
6. Mongolia
7. Malaysian
8. Kamboja
9. Vietnam
10. Filipina
11. Indonesia

Robin Wu Photo Verified Writer Robin Wu

Common sense is a flower that doesn't grow in everyone's garden.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yogie Fadila

Just For You