11 Anak yang Terjebak di Gua Thailand Berhasil Diselamatkan

Kini mereka diharapkan terbebas dari penyakit.

Bangkok, IDN Times - Regu penyelamat berhasil mengevakuasi 11 anak dalam waktu tiga hari sejak Minggu hingga Selasa sore. Dengan ini maka tersisa satu anak dan seorang pelatih dari tim Wild Boars yang masih terjebak di dalam Gua Tham Luang.

1. Beberapa jam sebelumnya, regu penyelamat mengeluarkan tiga anak

11 Anak yang Terjebak di Gua Thailand Berhasil DiselamatkanANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha

Sebelum bocah ke-11 diselematkan, tim yang terdiri dari 19 penyelam masuk ke dalam gua pada Selasa pagi (10/7). Beberapa jam setelahnya, mereka berhasil mengeluarkan tiga anak lagi. Dengan menghabiskan sejumlah tangki oksigen, mereka kembali mengevakuasi satu anak pada sore hari.

Dikutip dari CNN, para anggota tim sepak bola yang diselamatkan pada hari ketiga tersebut langsung menerima perawatan medis di lokasi. Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-o-cha, mengatakan bahwa mereka diberikan semacam obat-obatan untuk meredakan kepanikan.

2. Delapan anak dievakuasi dalam waktu dua hari

11 Anak yang Terjebak di Gua Thailand Berhasil DiselamatkanANTARA FOTO/REUTERS/Tyrone Siu

Sementara itu, operasi penyelamatan pada Minggu dan Senin berhasil mengeluarkan delapan anak. Mereka kini sedang dirawat di rumah sakit Chiang Rai. Menurut petugas medis, anak-anak itu tidak mengalami masalah mental apapun.

Keluarga dari empat anak yang diselamatkan pertama kali dilaporkan sudah bisa melihat mereka melalui kaca rumah sakit. Pembicaraan melalui telepon juga dilakukan. Hanya saja, mereka baru bisa bertemu langsung jika hasil tes membuktikan anak-anak itu tidak terkena infeksi apapun.

3. Ada kekhawatiran mengenai kesehatan mereka

11 Anak yang Terjebak di Gua Thailand Berhasil DiselamatkanIDN Times/Sukma Shakti

Dikutip dari The Guardian, dua dari delapan anak yang diselamatkan pada Minggu dan Senin disebut terkena pneumonia. Saat baru keluar dari gua, suhu badan keduanya sangat rendah. Otoritas Thailand sendiri mengatakan kepada media bahwa anak-anak itu sudah menjalani tes infeksi saluran pernafasan.

Ada beberapa penyakit gua yang dikhawatirkan menjangkit mereka sejak dua minggu berada di dalam gua yang sempat mengalami banjir. Salah satu penyakit adalah histoplasmosis yang disebabkan oleh tereksposnya tubuh terhadap kotoran-kotoran burung maupun kelelawar.

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya