2 Anak Kecil Pecahkan Miniatur Kaca Istana Disney Senilai Rp934 Juta

Butuh 500 jam bagi para seniman untuk membangunnya

Jakarta, IDN Times - 2 anak kecil memecahkan miniatur Istana Disney yang terbuat dari kaca pada akhir Mei lalu. Itu bukan sembarang miniatur sebab nilainya setara dengan Rp934 juta dan perlu sekitar 500 jam bagi seniman untuk membuatnya.

Kabar ini disampaikan oleh pengelola Shanghai Museum of Glass di Tiongkok lewat Weibo pada 10 Juli lalu. Namun, banyak media yang baru menyadarinya saat ini. Miniatur tersebut dipecahkan oleh dua pengunjung kecil, begitu pengelola museum menulisnya di media sosial.

1. Miniatur memakai emas 24 karat

2 Anak Kecil Pecahkan Miniatur Kaca Istana Disney Senilai Rp934 JutaMiniatur kaca istana Disney di Shanghai Museum of Glass, Shanghai, Tiongkok. CGTN

Media Tiongkok CGTN melaporkan bahwa miniatur tersebut merupakan karya pahatan istana dari kaca paling besar di dunia. Arribas Brothers adalah perusahaan di balik terciptanya miniatur yang turut memakai emas 24 karat itu.

Selain butuh ratusan jam untuk menyelesaikannya, seniman yang terlibat harus menyusun sebanyak 30.000 kepingan kaca untuk membuat miniatur layak dipamerkan di depan publik. Migue Arribas adalah orang di balik karya seni tersebut.

Baca Juga: Ancol akan Bangun Disney Land Versi Indonesia di Atas Lahan Reklamasi

2. Dua anak kecil berlarian, lalu tak sengaja memecahkan miniatur kaca istana Disney

2 Anak Kecil Pecahkan Miniatur Kaca Istana Disney Senilai Rp934 JutaMiniatur kaca istana Disney di Shanghai Museum of Glass, Shanghai, Tiongkok. CGTN

Pengelola museum menjelaskan bahwa kejadiannya diawali oleh dua anak yang berlarian, lalu memanjat pembatas dan tak sengaja memecahkan kotak kaca yang dipakai untuk melindungi miniatur tersebut.

Akibatnya, serpihan kaca mengenai miniatur istana dan membuatnya hancur berantakan.

"Para pengunjung kecil tahu perilaku mereka tidak benar, dan, dengan dukungan dari kedua orangtua mereka, melaporkan insiden tersebut kepada staf museum. Perilaku mereka bersahabat dan tulus, dan mereka sepakat membantu menyelesaikan masalah ini," tulis pihak museum melalui Weibo.

3. Ada harapan karya seni itu bisa diperbaiki

2 Anak Kecil Pecahkan Miniatur Kaca Istana Disney Senilai Rp934 JutaShanghai Museum of Glass di Shanghai, Tiongkok. instagram.com/shanghaimuseumofglass

Para seniman yang berkontribusi dalam membuat miniatur Istana Disney itu sedang berada di Amerika Serikat. Pengelola museum pun berharap mereka bisa kembali ke Shanghai untuk memperbaikinya. Sayangnya, masih ada pembatasan perjalanan yang berlaku karena pandemik COVID-19, sehingga harapan itu masih tertunda.

"Kami hanya bisa memamerkan istana dalam kondisi tidak sempurna, dan kami minta maaf jika ini memengaruhi pengalaman berkunjung Anda ke museum secara negatif," kata pihak Shanghai Museum of Glass.

Miniatur itu terinspirasi oleh Istana Disney yang sangat populer dan ikonik. Berat miniatur mencapai 60 kilogram. Arribas Brothers sendiri merupakan perusahaan yang mengkhususkan diri dalam segala hal berbau Disney. Miniatur kaca Istana Disney itu sudah dipamerkan di Museum Shanghai sejak 2016.

Baca Juga: Sering Melanda Perempuan, Ini 7 Fakta Disney Princess Syndrome

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya