Comscore Tracker

300 Penyu Langka Ditemukan Mati di Perairan Meksiko

Ratusan penyu itu terperangkap jaring ikan.

Santa Maria Colotepec, IDN Times - Sebanyak kira-kira 300 penyu langka mati dalam keadaan terapung dan terperangkap jaring ikan di selatan perairan Meksiko pada Selasa (28/8). Dikutip dari Reuters, ratusan penyu tersebut ditemukan sudah tak berdaya oleh para nelayan di area Barra de Colotepec.

1. Beberapa tubuh ratusan penyu itu berada dalam keadaan hampir hancur

300 Penyu Langka Ditemukan Mati di Perairan MeksikoREUTERS/Fredy Garcia

Menurut pemberitaan Mexico News Daily, penemuan ratusan penyu itu dimulai dari informasi yang diperoleh otoritas Meksiko dan beberapa sukarelawan dari sumber yang dirahasiakan. Mereka bergegas untuk mendatangi lokasi agar bisa menyelamatkan penyu-penyu malang itu.

Sayangnya, begitu mereka sampai di sana, ratusan penyu tersebut sudah tak bernyawa. Otoritas Meksiko menduga dari keadaan tubuh beberapa penyu yang mulai hancur, mereka sudah mati sejak kira-kira seminggu lalu.

2. Otoritas Meksiko mengatakan tengah menyelidiki siapa yang harus bertanggung jawab

300 Penyu Langka Ditemukan Mati di Perairan MeksikoMexico News Daily

Jaring ikan yang memerangkap tubuh ratusan penyu itu diduga merupakan milik nelayan untuk menangkap tuna. Hanya saja, komunitas nelayan sekitar lokasi ditemukannya penyu-penyu yang mati itu bersikeras bahwa jaring tersebut berasal dari kapan penangkap ikan asing.

Menyusul adanya situasi mendesak ini, otoritas Meksiko pun mengatakan mereka sedang melakukan penyelidikan untuk mengungkap siapa yang harus bertanggung jawab. Sebelumnya, mereka juga menginvestigasi kematian 113 penyu langka di kawasan Chiapas.

3. Meksiko menjadi rumah bagi enam dari tujuh spesies penyu di dunia

300 Penyu Langka Ditemukan Mati di Perairan MeksikoREUTERS/Fredy Garcia

Salah satu jenis yang ditemukan mati adalah penyu lekang. Spesies yang terancam punah ini memiliki panjang 75 cm dan berat 45 kg. Menurut informasi dari otoritas Meksiko, sejak Mei hingga September mereka akan berenang menuju tepi pantai di sejumlah titik sepanjang Samudera Pasifik.

Meksiko sendiri merupakan rumah bagi enam dari tujuh spesies penyu di dunia. Negara tersebut sebenarnya punya program permanen untuk melindungi penyu, termasuk di antaranya adalah hukuman pidana bagi siapapun yang membunuh hewan-hewan tersebut.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You