Comscore Tracker

4 Keluarga Indonesia Masuk Daftar Terkaya Forbes di Asia

Bahkan ada yang masuk lima besar!

Singapura, IDN Times - Forbes merilis daftar 50 Keluarga Terkaya di Asia pada Selasa (14/11). Mayoritas dari mereka merupakan keluarga berlimpah harta secara turun-temurun, meski ada juga yang memulai bisnis secara mandiri. "Dinasti bisnis terkaya Asia tetap sukses karena sanggup memproduksi generasi-generasi baru yang mendorong perusahaan ke arah yang seringkali mengejutkan," tulis Forbes.

Keluarga pemilik Samsung kehilangan status sebagai keluarga terkaya.

4 Keluarga Indonesia Masuk Daftar Terkaya Forbes di AsiaFacebook Reliance Industries

Keluarga Lee dari Korea Selatan sebagai penguasa kekaisaran Samsung sebelumnya selalu menempati posisi pertama. Namun, meski kekayaan mereka meningkat sebanyak Rp 152 triliun, tapi jumlah itu bisa dilampaui oleh keluarga Ambani dari India.

Pasalnya, saham milik konglomerat Mukesh Ambani dari Reliance Industri meroket sehingga kekayaan mereka meningkat sebesar Rp 257 triliun menjadi Rp 607 triliun. Keluarga Ambani sendiri adalah salah satu dari 18 keluarga asal India yang masuk ke dalam daftar 50 Keluarga Terkaya di Asia.

Baca juga: Bill Gates Jadi Orang Terkaya di Dunia, Siapa di Indonesia?

Empat keluarga Indonesia juga berhasil menjadi keluarga terkaya di Asia.

4 Keluarga Indonesia Masuk Daftar Terkaya Forbes di AsiaFacebook Sinar Mas

Keluarga Hartono, yakni Budi dan Michael Hartono, yang memiliki Djarum menduduki peringkat kelima dengan total kekayaan sebesar Rp 433 triliun. Pada Maret lalu, Budi Hartono sukses menjadi orang terkaya di dunia nomor 140 dengan aset sebesar Rp 126,5 triliun. Sementara Michael Hartono menduduki peringkat 145 dengan harta sebesar Rp 125 triliun.

Kemudian, ada keluarga Widjaja selaku konglomerat Sinarmas Group yang menempati posisi 24 dengan jumlah kekayaan senilai Rp 141 triliun. Di posisi 27 ada keluarga Salim pemilik Salim Group. Total kekayaan keluarga tersebut adalah Rp 119 triliun.

Sri Prakrash Lohia, pendiri sekaligus petinggi Indorama Corporation, sebenarnya berasal dari India. Namun, ia menghabiskan banyak waktunya membangun bisnis di Indonesia. Keluarga Lohia sendiri tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp 117,5 triliun dan menjadikan mereka sebagai keluarga terkaya Asia nomor 29.

Baca juga: 10 Anak Muda Indonesia yang Berhasil Masuk "30 Under 30" Forbes 2017

Topic:

Just For You