8 Perempuan Ini Tunjukkan bahwa Kulit Hitam Juga Menawan

Harus bangga, dong...

Di tengah bombardir iklan produk pemutih, para perempuan yang berkulit sawo matang maupun hitam kerap menjadi korban. Secara tak langsung, selain kulit putih, maka warna lainnya dianggap jelek. Di saat itulah Sameria Gbieor ingin mengirimkan pesan kepada semua perempuan untuk mencintai kulit natural mereka.

Ia menyampaikan pesan itu melalui foto.

8 Perempuan Ini Tunjukkan bahwa Kulit Hitam Juga MenawanInstagram Tolulope

Gbieor adalah seorang mahasiswi jurusan Ilmu Keperawatan di Amerika Serikat. Dikutip dari Yahoo, ia mengaku terinspirasi oleh sebuah foto yang menunjukkan empat perempuan berkulit legam dan tetap tampil menawan.

"Aku sedang menelusuri Instagram suatu hari, dan aku melihat foto saudara-saudara perempuan berkulit melanin yang cantik. Dan aku berkata pada diriku sendiri bahwa aku ingin melakukan sesuatu seperti ini, tapi dengan lebih banyak perempuan," kata Gbieor.

Perempuan berusia 20 tahun itu mengumpulkan beberapa teman perempuannya, lalu menghubungi seorang fotografer bernama Tolulope Gangbo untuk mewujudkan harapannya tersebut. Temanya tak hanya merayakan kulit hitam, tapi juga beragam bentuk tubuh perempuan.

Sayangnya, dari beberapa perempuan bertubuh curvy, hanya Mercy Dorbor yang bersedia untuk mengikuti sesi foto itu. "Aku menghubungi empat perempuan yang punya ukuran tubuh sama dengan Mercy dan mereka merasa tak cukup nyaman untuk ikut pemotretan. Tapi Mercy tetap datang, terlihat keren, dan pergi dengan rasa percaya diri," ujarnya.

Baca juga: Khoudia Diop: Dulu Dicela Karena Berkulit Legam, Kini Jadi Model Terkenal

"Ketika kamu mencintai dirimu, hal-hal menakjubkan mulai terjadi."

8 Perempuan Ini Tunjukkan bahwa Kulit Hitam Juga MenawanInstagram Tolulope

Gbieor dan tujuh teman perempuannya pun menjalani sesi foto dengan memakai sepasang pakaian dalam dan tampak memukau. Salah satu model, Ahnna Anderson, berkata ia sejak dulu ingin berada di dalam foto yang merayakan perempuan-perempuan kulit hitam.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dorbor. "Sesi pemotretan ini adalah sesuatu yang sangat menginspirasiku. Perempuan kulit hitam itu cantik dalam setiap bentuk, warna, dan ukuran. Dan tak masalah seberapa besar atau kurus kamu, selama kamu merasa nyaman dengan dirimu dan siapa kamu sebenarnya. Semua itu tak masalah, dan orang hanya akan melihat kecantikan."

8 Perempuan Ini Tunjukkan bahwa Kulit Hitam Juga MenawanInstagram Tolulope

"Tak peduli berapa ukuranmu atau apa warna kulitmu, kita semua cantik. Jika kita tak berbeda dari yang lain, maka kita semua sama, yang mana itu membosankan. Bukan begitu? Apa yang ingin kami sampaikan adalah cintai dirimu. Ketika kamu mencintai dirimu, hal-hal menakjuban mulai terjadi," kata Gbieor.

Anderson, salah satu yang punya rambut gimbal, menambahkan,"Aku ingin orang-orang melihat 'sesuatu yang aneh' menjadi cantik - melihat perempuan berkulit hitam dengan rambut alami dan ikal panjang sebagai hal yang indah dan seksi."

Baca juga: Promosikan Kulit Putih, Iklan Nivea Ini Dituduh Rasis

Topik:

Berita Terkini Lainnya