Anggota Tim Sepak Bola Thailand Mulai Jadi Biksu Selama 9 Hari

Mereka sempat terjebak di gua selama hampir 3 minggu.

Bangkok, IDN Times - 12 orang yang merupakan anggota tim sepak bola Wild Boars secara resmi menjalani prosesi sebagai biksu muda. Seperti dilaporkan Bangkok Post, upacara keagamaan dilakukan di bawah guyuran hujan di Wat Phra That Doi Tung yang berlokasi di Provinsi Chiang Rai pada Rabu (25/7).

1. Mereka akan belajar agama hingga 3 Agustus mendatang

Anggota Tim Sepak Bola Thailand Mulai Jadi Biksu Selama 9 HariChiang Rai Public Relations Office

Semua anggota Wild Boars yang terjebak di dalam Gua Tham Luang, kecuali bocah bernama Adul Sam-on yang beragama Kristen, sudah mulai ikut upacara awalan pada Selasa (24/7). Hari ini rambut mereka sudah dicukur dan siap memulai kehidupan sebagai biksu muda.

Menurut laporan, mereka akan berada di Wihara Wat Phra That Doi Wao hingga 3 Agustus mendatang. Selama sembilan hari, mereka akan belajar tentang agama lebih dalam sebagai bentuk syukur karena telah selamat dari dalam gua yang mengalami banjir itu.

2. Mereka juga mendoakan mendiang anggota Navy SEAL Thailand yang tewas dalam proses evakuasi

Anggota Tim Sepak Bola Thailand Mulai Jadi Biksu Selama 9 HariANTARA FOTO/REUTERS/Soe Zeya Tun

Dalam prosesi utama itu, 12 anggota Wild Boars mengucapkan doa-doa untuk meminta izin kepada para biksu untuk memasuki wihara. Salah satunya tentu saja pelatih berusia 25 tahun, Ekapol Chanthawong, yang rupanya telah menjadi biksu selama delapan tahun.

Hanya ia yang dijadwalkan untuk menjalani periode spiritual dalam lingkungan wihara untuk sebulan berikutnya. Tak hanya bersyukur karena lolos dari maut selama hampir tiga minggu, mereka pun menunjukkan penghormatan kepada mendiang anggota Navy SEAL Thailand, Saman Kunan, yang meninggal ketika ikut membantu mengevakuasi mereka.

Praphan Khamchoi, salah satu pengurus kantor keagamaan di Chiang Rai, mengatakan bahwa menjadi biksu muda selama sembilan hari itu juga merupakan "cara berterima kasih kepada semua orang di Thailand dan negara-negara lain yang menyelamatkan mereka".

3. Apa yang menimpa mereka menjadi perhatian dunia

Anggota Tim Sepak Bola Thailand Mulai Jadi Biksu Selama 9 HariANTARA FOTO/REUTERS/Soe Zeya Tun

12 pemain Wild Boars dan seorang pelatih mereka memasuki Gua Tham Luang di Provinsi Chiang Rai pada 23 Juni lalu. Mereka kemudian dilaporkan hilang, dan menjadi target pencarian besar-besaran di Thailand. Proses evakuasi mereka pun berjalan sejak 7 Juli dan memakan waktu beberapa hari.

Pada 10 Juli, mereka semua berhasil diselamatkan oleh tim search and rescue yang terdiri dari otoritas Thailand serta sejumlah tenaga pembantu dari beberapa negara seperti Australia, Inggris dan Tiongkok. 13 orang tersebut segera dirawat di rumah sakit dan seminggu kemudian tampil untuk pertama kalinya di hadapan publik dalam sebuah konferensi pers.

Baca juga: Wawancara Eksklusif Remaja Selamat dari Gua Thailand Mendapat Kecaman

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya