Comscore Tracker

Angkatan Udara Chile: Pesawat ke Antartika Diperkirakan Jatuh

Pesawat Lockheed C-130 Hercules membawa 38 penumpang

Santiago, IDN Times - Pesawat milik Angkatan Udara Chile yang dilaporkan menghilang pada Senin sore (9/12) diduga telah jatuh. Berdasarkan pernyataan resmi otoritas setempat, pesawat yang membawa 38 penumpang tersebut mendadak hilang kontak saat terbang menuju Antartika.

"Pesawat itu diduga telah jatuh, mengingat jumlah bahan bakar dan otonomi pesawat sudah habis. Karena itu, pesawat diperkirakan jatuh," kata Jenderal Francisco Torres dalam sebuah konferensi pers, seperti dilansir dari CNN, Selasa (10/12).

1. Pesawat hilang kontak pada pukul 18.13

Angkatan Udara Chile: Pesawat ke Antartika Diperkirakan JatuhPeta yang menunjukkan perkiraan di mana lokasi pesawat Angkatan Udara Chile jatuh ketika terbang menuju Antartika pada 9 Desember 2019. Pesawat dilaporkan hilang kontak pada pukul 18.13 waktu setempat. Fuerza Aerea de Chile

Pesawat berjenis Lockheed C-130 Hercules itu berangkat dari Punta Arenas, sebuah wilayah di Chile sebelah selatan, yang berjarak lebih dari 3.000 kilometer dari ibu kota Santiago, pada pukul 16.55 waktu setempat. Pada pukul 18.13, operator kehilangan kontak. 

Angkatan Udara Chile merilis peta yang memperkirakan di mana lokasi pesawat itu jatuh, yaitu di sekitar Selat Drake. Menurut jadwal, seharusnya 38 penumpang tersebut sampai di tujuan pada pukul 19.17. Namun, hingga saat ini, masih tak ada laporan keberadaan mereka.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Sejarah yang Seru di Kota Santiago, Chile

2. Mereka ke Antartika untuk melakukan perbaikan fasilitas

Angkatan Udara Chile: Pesawat ke Antartika Diperkirakan JatuhIlustrasi pesawat militer. unsplash.com/Daniel Eledut

Dalam pernyataan sebelumnya, Angkatan Udara Chile menginformasikan pesawat membawa 17 kru dan 21 penumpang. Beberapa di antaranya adalah anggota militer dan ilmuwan dari University of Magallanes.

Usai dinyatakan hilang kontak, otoritas penerbangan langsung menurunkan tim pencarian dan penyelamatan. Tujuan penerbangan ke Antartika adalah untuk melakukan perbaikan di beberapa fasilitas Base Presidente Eduardo Frei Montalva. Chile mengklaim area tersebut sebagai miliknya dan difungsikan sebagai markas penerbangan penting di kawasan Antartika.

3. Presiden mengaku memantau perkembangan situasi

Angkatan Udara Chile: Pesawat ke Antartika Diperkirakan JatuhIlustrasi pesawat militer. unsplash.com/Michael Payne

Presiden Chile Sebastian Pinera mengatakan lewat akun Twitter pribadinya bahwa saat ini dirinya sedang memantau perkembangan situasi terkait jatuhnya pesawat ini, bersama Menteri Pertahanan dan Menteri Dalam Negeri di Markas Besar Angkatan Udara.

Sementara, Angkatan Udara bekerja sama dengan Angkatan Laut melakukan pencarian korban selamat di area pesawat terakhir kali dideteksi. Mereka juga sudah mengabarkan kondisi terkini kepada keluarga para penumpang dan awak pesawat.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: 7 Keindahan Wisata Alam di Chile Ini Siap Bikin Kamu Terpana

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You