Lakukan Hormat Hitler, Turis Tiongkok Ditahan

Nazi ditetapkan sebagai organisasi ilegal.

Kepolisian Jerman menangkap dua turis asal Tiongkok usai memberikan hormat Hitler di depan Reichstag atau gedung parlemen Jerman di Berlin pada Sabtu (5/8).

Dibebaskan usai bayar denda.

Lakukan Hormat Hitler, Turis Tiongkok DitahanAP via New York Post

Dikutip dari The Guardian, kedua turis tersebut berjenis kelamin pria yang masing-masing berusia 36 dan 49 tahun. Keduanya tertangkap usai melakukan pose hormat Hitler dan mendokumentasikannya dengan kamera handphone.

Kepolisian Jerman menjerat mereka dengan pasal penggunaan simbol dari organisasi ilegal. Kedua turis itu pun dibebaskan setelah membayar denda sebanyak Rp 7,8 juta per orang. Tak diketahui apakah mereka berdua melanjutkan liburan atau langsung kembali ke negara asal.

Baca Juga: Foto-foto Rahasia Hitler Akan Dilelang, Berminat?

Ini bukan kejadian yang pertama.

Lakukan Hormat Hitler, Turis Tiongkok Ditahancommons.wikimedia.org

Kedua turis Tiongkok tersebut bukan yang pertama ditangkap oleh kepolisian Jerman karena melakukan hormat Hitler yang terkenal itu. Misalnya, pada 2011 lalu seorang pria asal Kanada juga berpose yang sama di tangga Reichstag.

Beberapa detik kemudian polisi langsung memborgol dan menyita kartu memori kamera yang digunakan untuk mendokumentasikan pose itu. Ia juga dibebaskan setelah membayar denda. Banyak yang mengira bahwa hormat Hitler adalah hal biasa di Jerman.

Faktanya, Nazi ditetapkan sebagai organisasi ilegal dan segala bentuk gestur yang berkaitan dengan organisasi itu atau dengan Hitler adalah tindakan yang melawan hukum.

Baca Juga: Kafe Bertema Nazi di Indonesia Akhirnya Tutup

Topik:

Berita Terkini Lainnya