Bertemu Presiden, "Spider-Man" ini Diberi Paspor Prancis

Ia mengaku tidak punya siapapun untuk bergantung.

Paris, IDN Times - Mamaoudou Gassama, seorang imigran dari Mali, bertemu Presiden Prancis, Emmanuel Macron, pada Selasa (29/5). Macron mengundang pria yang dijuluki 'Spider-Man' itu ke Élysée Palace atau kediaman resminya. Ini terjadi usai video yang merekam aksi heroiknya menyelamatkan seorang anak kecil viral di media sosial.

1. Prancis memberikan kewarganegaraan kepada Gassama

Bertemu Presiden, Spider-Man ini Diberi Paspor Prancisinstagram.com/emmanuelmacron

Dilansir dari The Independent, Macron tidak hanya mengundang Gassama untuk mengucapkan terima kasih dan memuji "aksi luar biasa" yang dilakukannya pada Sabtu (26/5). Ia juga mengumumkan bahwa Gassama akan diberikan kewarganegaraan Prancis.

"Kami pasti akan menyiapkan semua dokumen-dokumenmu secara langsung dan jika kamu mau, kami segera mulai proses naturalisasi agar kamu bisa menjadi warga Prancis," kata Macron.

2. Ia pernah berusaha menyeberangi Laut Mediterania pada 2014

Bertemu Presiden, Spider-Man ini Diberi Paspor PrancisYouTube

Gassama mengaku baru beberapa bulan berada di Prancis. Namun, sebelumnya ia sudah pernah mencoba untuk menyeberangi Laut Mediterania untuk sampai ke Italia. Hanya saja, pria berusa 22 tahun itu kemudian ditangkap oleh polisi. Pada percobaan kedua di tahun 2014, ia berhasil masuk ke negara itu.

Seperti dilaporkan BBC, Gassama telah meninggalkan Mali sejak 2013. Ia mengambil rute imigran seperti Gurun Sahara, Burkina Faso serta Libya. Gassama pun pernah bekerja di Libya. Sempat tinggal di Italia, ia berkata tak kenal siapapun, dan kakaknya berada di Prancis.

"Aku tak punya apa-apa untuk hidup dan tak ada yang menolongku. Aku sangat menderita. Kami ditangkap dan dipukuli tapi aku tak kehilangan harapan,” katanya kepada Macron. Atas aksinya itu, Gassama menerima ucapan terima kasih dari keluarga si bocah. "Dia benar-benar seorang pahlawan," kata si nenek. 

3. Gassama magang di Dinas Pemadam Kebakaran Paris

Bertemu Presiden, Spider-Man ini Diberi Paspor Prancistwitter.com/PompiersParis

Si ayah dilaporkan harus menghadap ke pengadilan karena diduga melakukan penelantaran yang membahayakan nyawa anaknya. Sementara itu, Gassama saat ini sedang menjalani magang di Dinas Pemadam Kebakaran Paris. Twitter resmi dinas itu mengunggah foto Gassama bersama anggota-anggota yang lain.

Topik:

Berita Terkini Lainnya