#ClimateStrike: Aksi Pemuda Bangkok Tidur di Halaman Kantor Pemerintah

Aksi teatrikal di halaman Kementerian Lingkungan dan SDA

Bangkok, IDN Times - Anak-anak muda Bangkok yang mengikuti protes damai perubahan iklim #ClimateStrike melakukan aksi teatrikal di halaman Kementerian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam pada Jumat (20/9).

Seperti dilaporkan The Bangkok Post, mereka menyerbu kantor pemerintah tersebut lalu tidur di lantai dengan membawa poster bertuliskan pesan-pesan tentang pemanasan global. Aksi damai itu pun diliput oleh berbagai media baik secara nasional maupun internasional.

1. Aksi tidur itu diterjemahkan sebagai kematian jika pemerintah tak bertindak

#ClimateStrike: Aksi Pemuda Bangkok Tidur di Halaman Kantor PemerintahPeserta aksi #ClimateStrike di Bangkok, Thailand, menyerbu kantor Kementerian Lingkungan dan Sumber Daya Alam pada 20 September 2019. twitter.com/greenpeaceth

Menurut penyelenggara, aksi teatrikal tersebut adalah untuk mengingatkan pemerintah jika tidak segera menyelamatkan bumi dari perubahan iklim, maka kematian adalah hasil yang takkan bisa dihindari.

Penyelenggara sendiri memberikan estimasi ada sekitar 200 anak muda yang mengikuti aksi tersebut. Mereka meneriakkan yel-yel "Save Our Earth" sebelum melanjutkan dengan tidur di lantai.

Baca Juga: #ClimateStrike: 10 Potret Protes Perubahan Iklim dari Berbagai Negara

2. Mereka menuntut pemerintah berhenti menggunakan energi fosil

Salah satu pemimpin aksi, Nanticha Ocharoenchai yang berusia 21 tahun, mengatakan,"Hari ini kami menuntut pemerintah Thailand mendeklarasikan darurat iklim dan berhenti memakai sumber energi dari fosil." 

"Ini yang akan terjadi seandainya kita tidak melakukan apa pun terhadap perubahan iklim sekarang," tegasnya, merujuk kepada kematian dalam aksi teatrikal tersebut.

3. Mereka memang muda, tapi peduli terhadap lingkungan

#ClimateStrike: Aksi Pemuda Bangkok Tidur di Halaman Kantor PemerintahPelajar di Bangkok, Thailand, mengikuti protes damai #ClimateStrike pada 20 September 2019. twitter.com/ActionAidThailand

Aksi di Bangkok ini adalah bagian dari #ClimateStrike di berbagai negara di dunia di hari yang sama. Pelopornya adalah Greta Thunberg, aktivis lingkungan yang masih remaja dari Swedia. Oleh karena itu, tak heran jika mayoritas peserta adalah anak-anak muda. Akan tetapi, mereka menolak disebut tidak tahu apa-apa.

"Kami memang muda, tapi kami tidak bodoh. Kami tahu ini [perubahan iklim] sedang terjadi. Kita butuh perubahan. Kami menuntut yang lebih baik," kata aktivis Ralyn Satidtanasarn yang masih berumur 11 tahun. "Aku akan ikut ujian ketika kalian mengambil sikap," ujar lainnya.

4. Kementerian mengaku memberikan dukungan

#ClimateStrike: Aksi Pemuda Bangkok Tidur di Halaman Kantor PemerintahPelajar di Bangkok, Thailand, mengikuti protes damai #ClimateStrike pada 20 September 2019. twitter.com/ActionAidThailand

"Inilah cara anak-anak muda mengekspresikan kekhawatiran mereka yang kami anggap adalah suatu tanda yang baik dan sama sekali bukan sebagai sebuah gangguan," ujar Adisorn Noochdumrong, deputi menteri, kepada Reuters. "Kami mendukungnya."

5. Aksi pamungkas akan digelar di New York

#ClimateStrike: Aksi Pemuda Bangkok Tidur di Halaman Kantor PemerintahSeorang aktivis peduli lingkungan membawa poster saat ia berpartisipasi dalam protes mogok iklim menuntut aksi atas perubahan iklim, di Nairobi, Kenya, pada 20 September 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Baz Ratner

Mengingat aksi ini dilakukan pada Jumat yang bukan merupakan hari libur bagi para pelajar, artinya mereka memilih untuk tidak masuk sekolah. "Kami absen karena para guru mengajarkan kami bagaimana caranya bekerja di masa depan. Tapi kalau kami tak melakukan ini, takkan ada masa depan di mana kami bisa bekerja," tegas murid berusia 11 tahun bernama Peem Prasertsuntarasai.

Murid-murid di New York, Amerika Serikat, lebih beruntung karena menerima dukungan dari Departemen Pendidikan setempat yang mengizinkan Jumat ini sebagai hari libur. Sebanyak 1,1 juta siswa di sana mendapat lampu hijau untuk ikut protes damai jika berminat.

Baca Juga: Cara Bantu Kurangi Perubahan Iklim, Yuk Coba Hindari 4 Kebiasaan Ini

Topik:

Berita Terkini Lainnya