Saat Beyonce Hingga Hillary Clinton Jadi Hiasan Pohon Natal

Feminisme atau kapitalisme?

London, IDN Times - Ketika memasuki Desember, sebagian besar orang yang merayakan Natal bersiap untuk mendekorasi tempat tinggal mereka dengan hiasan yang menarik. Pohon Natal jadi salah satu yang dekorasi yang biasanya selalu ada.

Namun, yang tak selalu biasa adalah hiasan di bagian atas pohon. Sebuah organisasi yang mengaku fokus pada pemberdayaan perempuan, Women To Look Up To, menawarkan hiasan lain yaitu beragam patung dari figur-figur perempuan yang dikenal di bidang masing-masing.

Perempuan di balik Women To Look Up To merasa hiasan peri tradisional sudah ketinggalan zaman.

Saat Beyonce Hingga Hillary Clinton Jadi Hiasan Pohon NatalWomen To Look Up To

Dikutip dari The Independent, ide pertama dari hiasan pohon Natal berupa patung berbentuk figur-figur seperti Beyonce, Hillary Clinton dan Serena Williams datang dari pendiri Women To Look Up To, Savannah dan Dom.

Keduanya merasa bosan dengan jenis hiasan pohon Natal yang selama bertahun-tahun memiliki tema yang sama. "Natal lalu kami melihat di puncak pohon Natal di mana peri tua yang sama sudah dipajang selama bertahun-tahun melihat ke arah kami," ucap keduanya.

"Kami merasa tak mendapat inspirasi, ia seperti figur yang terlupakan. Bahkan sebagai keluarga Katolik, kami tak benar-benar mengerti kenapa menempatkan representasi perempuan atau kadang laki-laki yang ketinggalan zaman itu jadi tradisi. Tradisi bisa dipinjam dan diubah sesuai waktu, sebagaimana kami merasa perlu saat itu, di dunia di mana kami butuh sosok positif lebih dari sebelumnya."

Baca juga: Ternyata, Memasang Dekorasi Natal Lebih Awal Bisa Bikin Bahagia

Women To Look Up To ingin hiasan Natal melahirkan semangat baru kepada yang merayakan.

Saat Beyonce Hingga Hillary Clinton Jadi Hiasan Pohon NatalWoman To Look Up To

Seperti ditulis di situs Women To Look Up To, hiasan pohon Natal semestinya menimbulkan perasaan semangat.

"Kenapa tak menghormati para perempuan sungguhan yang menginspirasi kita pada 2017? Perempuan yang memimpin di dunia politik, budaya, bisnis, orang-orang yang layak diberi sayap—seperti Serena Williams, Beyonce, dan perempuan yang kalian pilih."

Menurut situs Women To Look Up To, satu hiasan bisa dibeli seharga kurang lebih Rp 1,4 juta. Memang terbilang cukup mahal. Namun, setiap keuntungan yang diperoleh dari penjualan akan diinvestasikan ulang untuk segala kegiatan pemberdayaan perempuan yang disebutkan dalam situs mereka.

Baca juga: Warga Muslim di Baghdad dan London Turut Semarakkan Perayaan Natal Lho!

Topik:

Berita Terkini Lainnya