Demi Genjot Perekonomian, Pemerintah Tiongkok Ledakkan 19 Gedung

Lahan yang ada juga akan digunakan untuk pembangunan gedung tertinggi di dunia

Sejak era Deng Xiaoping memimpin di tahun 1978, Tiongkok yang sebelumnya merupakan negara yang mengisolasi diri kemudian mengadopsi open door policy atau kebijakan buka pintu. Kebijakan ini berdampak pada semakin mengalirnya investasi asing di negara tersebut sehingga meningkatkan perekonomian Tiongkok yang terus berkejaran dengan Amerika Serikat dan Jepang.

Apalagi, Presiden Tiongkok, Xi Jinping, baru saja mengeluarkan pernyataan di World Economic Forum, Davos, bahwa negaranya ingin berperan lebih besar dalam globalisasi. Dengan tuntutan infrastruktur yang harus selalu maju, tak heran bila pemerintah giat meremajakan bahkan membangun kembali gedung-gedung yang dirasa sudah tak layak untuk menjadi sarana dan prasarana pembangunan ekonomi negara ini.

19 gedung bertingkat dihancurkan hanya dalam waktu 10 detik.

Demi Genjot Perekonomian, Pemerintah Tiongkok Ledakkan 19 Gedung VCG via The Daily Mail

Menghancurkan gedung bertingkat dengan bahan peledak sudah menjadi metode umum yang digunakan pemerintah. Namun, Tiongkok berada di level yang jauh lebih ambisius dalam melakukan ini. Tidak tanggung-tanggung, 19 gedung bertingkat di distrik Hankou, kota Wuhan, yang terletak di provinsi Hubei berhasil dihancurkan hanya dalam waktu kurang dari sepuluh detik!

Dikutip dari South China Morning Post, proyek penghancuran ini terjadi pada hari Sabtu tepat sebelum tengah malam, dan merupakan penghancuran gedung terbesar yang pernah ada di negara ini. 19 gedung tersebut terdiri dari tujuh hingga 12 lantai yang menempati sebuah area dengan luas lebih dari 15 hektar. Untuk menghancurkannya, kontraktor yang disewa pemerintah butuh lebih dari lima ton peledak yang disebar di 120.000 lokasi. Warga setempat pun diungsikan ke daerah lain berminggu-minggu sebelumnya.

Baca Juga: Konflik Laut Cina Selatan: Tiongkok Siap Perang

Lahan bekas gedung-gedung ini akan digunakan untuk sebuah area bisnis baru yang rencana juga akan menjadi lokasi gedung tertinggi di dunia.

Demi Genjot Perekonomian, Pemerintah Tiongkok Ledakkan 19 Gedung REUTERS via The Daily Mail

Seperti dilaporkan oleh The Daily Mail, proyek penghancuran ini dilakukan karena pemerintah ingin membangun sebuah area bisnis baru yang super megah, termasuk pendirian satu gedung pencakar langit setinggi 707 meter. Gedung tersebut dipastikan menjadi gedung tertinggi di dunia. South China Morning Post juga menyebut sudah ada investasi senilai Rp 58,4 triliun khusus untuk konstruksi area bisnis ini.

Salah satu tugas berat kontraktor yang bertanggungjawab atas penghancuran gedung-gedung adalah memastikan bahwa area-area di sekitarnya seperti rel kereta api dan pusat perbelanjaan tak terpengaruh dampak dari alat peledak yang dipakai dalam proyek ini. Video dan foto-fotonya pun kemudian menjadi viral di internet sebagai proyek penghancuran gedung yang sangat masif yang pernah ada.

Demi Genjot Perekonomian, Pemerintah Tiongkok Ledakkan 19 Gedung VCG via The Daily Mail

 

Baca Juga: Di Tiongkok, Remaja Kecanduan Internet Mendapat Sengatan Listrik

Topik:

Berita Terkini Lainnya