Comscore Tracker

Donald Trump Cemooh Kemenangan "Parasite" di Penghargaan Oscar

Menurutnya ini karena film itu berasal dari Korea Selatan

Colorado Spring, IDN Times - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mencemooh kemenangan film "Parasite" di ajang penghargaan Oscar tahun ini. Film Korea Selatan karya sutradara Bong Joon-ho itu mencetak sejarah internasional dengan menyabet berbagai penghargaan bergengsi, salah satunya Best Picture pada Oscar awal Februari lalu.

Trump menyampaikan cemoohan tersebut ketika berkampanye di hadapan pendukungnya, lalu secara random menyinggung tentang penghargaan Oscar yang menurutnya "buruk".

Kemudian, Trump melanjutkan dengan mengeluarkan cemoohan rasis terhadap "Parasite", terutama karena film tersebut tidak berasal dari Hollywood, Amerika Serikat.

Baca Juga: Menang Oscar, Inilah 10 Harga Fantastis Properti di Film Parasite

1. Trump menilai Oscar dengan buruk karena menjadikan film dari luar Amerika Serikat sebagai pemenang

Donald Trump Cemooh Kemenangan Parasite di Penghargaan OscarBong Joon-ho dan para pemain film "Parasite" berpose pada Academy Awards ke-92 di Hollywood, Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada 9 Februari 2020. ANTARA FOTO/Matt Petit/A.M.P.A.S./Handout via REUTERS

"Seberapa buruk Academy Awards tahun ini?" tanya Trump kepada para pendukungnya di Colorado Spring, Colorado, seperti dikutip Reuters pada Kamis waktu setempat (20/1). Ia lalu menirukan presenter Oscar yang mempersembahkan trofi dengan berkata, "Dan pemenangnya adalah sebuah film dari Korea Selatan."

Ia pun menghubungkan kemenangan "Parasite" yang bersejarah itu dengan hubungan politik serta dagang antara Washington dan Seoul.

"Itu apa sih? Kita punya cukup masalah dengan Korea Selatan, dengan perdagangan, dan setelah semuanya itu, mereka memberikan penghargaan film terbaik tahun ini?" tambah Trump.

2. Trump menyinggung seharusnya film terbaik berasal dari Hollywood

Donald Trump Cemooh Kemenangan Parasite di Penghargaan OscarPara pemain film "Parasite" berpose di belakang panggung dengan piala setelah meraih Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture pada Screen Actors Guild Award ke-26 di Los Angeles, California, Amerika Serikat,pada 19 Januari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Monica Almeida

Seharusnya, kata Trump, film pemenang Oscar berasal dari Amerika Serikat. "Bisakah kita memiliki 'Gone With the Wind' kembali?" kata dia merujuk kepada film Hollywood yang memenangkan Oscar di kategori sama dengan "Parasite" 80 tahun silam.

"Gone With the Wind" sendiri menceritakan kisah cinta dengan latar belakang Perang Sipil Amerika Serikat pada 1860-an.

Trump juga menyerang Brad Pitt, aktor veteran Amerika Serikat yang meraih Oscar di kategori Pemain Pendukung Terbaik untuk film "Once Upon a Time in Hollywood". Saat menerima trofi, mantan suami Angelina Jolie itu bergurau bahwa ia punya lebih banyak waktu berbicara, yaitu 45 detik, dibandingkan bekas penasihat keamanan nasional Trump, John Bolton, ketika hadir di sidang pemakzulan di Senat.

"Mereka memberitahu saya bahwa saya hanya punya 45 detik di atas panggung sini, yang mana 45 detik lebih banyak dibandingkan yang diberikan Senat kepada John Bolton minggu ini," ucap Pitt, seperti dikutip The Hollywood Reporter.

"Saya tak pernah jadi penggemarnya. Dia laki-laki kecil yang bijaksana," ujar Trump, merespons pidato kemenangan Pitt.

3. Distributor "Parasite" di Amerika Serikat membalas cemoohan Trump

Donald Trump Cemooh Kemenangan Parasite di Penghargaan OscarBong Joon-ho melihat piala Oscar miliknya sebagai Sutradara Terbaik, Film Terbaik, Fim Berbahasa Asing Terbaik dan Naskah Asli Terbaik untuk film "Parasite" di Governors Ball pada Academy Awards ke-92 di Los Angeles, Caiifornia, Amerika Serikat, pada 9 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Eric Gaillard

Perusahaan yang bertanggung jawab untuk mendistribusikan "Parasite" di Amerika Serikat, NEON, pun membalas lewat cuitan.

"Bisa dipahami, dia tidak bisa membaca," tulis NEON, yang kemudian menggoda dengan menambahkan tagar #Bong2020 untuk merujuk kepada Pilpres Amerika Serikat tahun ini yang diikuti oleh Trump.

Salah satu netizen pun mendukung sikap NEON. "Memahami film tersebut membutuhkan empat hal yang tak bisa dilakukan oleh Donald Trump," cuit netizen itu. "1. Memahami apa pun yang butuh ditonton selama lebih dari lima menit. 2. Membaca dan mengerti kata-kata yang terdiri lebih dari 2 suku kata. 3. Berempati terhadap kesusahan warga biasa. 4. Menyingkirkan xenofobia."

Baca Juga: Donald Trump Batal Dipecat Setelah Dinyatakan Tak Bersalah oleh Senat

Topic:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya