Elon Musk Minta Maaf Usai Hina Penyelam di Thailand

Ia marah alatnya tak dipakai evakuasi di gua Tham Luang.

Bangkok, IDN Times - Elon Musk, bos Tesla dan SpaceX, mengaku meminta maaf kepada Vern Unsworth karena telah menyebutnya sebagai "laki-laki pedofil". Unsworth sendiri adalah penyelam Inggris yang turut membantu proses evakuasi tim sepak bola Wild Boars kala terjebak di dalam gua Tham Luang selama hampir tiga minggu.

1. Musk tersinggung karena alatnya tidak dipakai dalam evakuasi

Elon Musk Minta Maaf Usai Hina Penyelam di ThailandThe Star

Dikutip dari BBC, Musk sempat mengirimkan cuitan yang kini sudah dihapus terkait Unsworth. Dalam cuitannya, Musk tidak menunjuk Unsworth tapi semua mengetahui bahwa itu diperuntukkan bagi Unsworth sebab ia menyebut "ekspat Inggris yang ada di Thailand".

Semua diawali ketika Musk bersikeras mengirimkan sebuah alat mini-sub (kapal selam kecil) milik perusahaannya ke Chiang Rai. Musk menilai bahwa alat itu bisa dipakai untuk membantu proses evakuasi. Hanya saja, Unsworth yang merupakan penyelam mengatakan sebaliknya. Musk pun menulis bahwa ia siap membuat video untuk membuktikan alatnya mampu masuk ke dalam gua.

2. Ia menyebut Unsworth sebagai "laki-laki pedofil"

Elon Musk Minta Maaf Usai Hina Penyelam di ThailandThe Hollywood Reporter

Komentar Musk pun memanas ketika ia menyebut Unsworth sebagai "laki-laki pedofil". Kepada salah satu stasiun TV Australia yang berada di Chiang Rai Unsworth mengaku ia mungkin akan mengambil langkah hukum.

"Ini belum selesai. Aku percaya ia memanggilku pedofil. Aku rasa orang-orang menyadari dia laki-laki seperti apa," ujar Unsworth. Musk sendiri mengaku minta maaf dalam sebuah cuitan yang tak diarahkan langsung kepada Unsworth.

Ia mengatakan bahwa pernyataannya itu keluar karena "rasa marah" setelah "Unsworth mengatakan beberapa hal yang tak benar dan menyarankan aku berhubungan seksual dengan mini-sub".

Ia melanjutkan,"Meski demikian, sikapnya terhadapku tak membenarkan sikapku kepadanya, dan aku meminta maaf kepada Unsworth dan perusahaan yang aku wakili sebagai pemimpin."

3. Musk sempat menyerang kepala pusat komando evakuasi

Elon Musk Minta Maaf Usai Hina Penyelam di ThailandANTARA FOTO/Chiang Rai Prachanukroh Hospital AND Ministry of Public Health/Handout via REUTES

Unsworth sempat menyelam ke dalam gua pada beberapa hari pertama proses evakuasi. Kemudian, Musk juga mendatangi pusat komando penyelamatan di Chiang Rai. Ia meninggalkan mini-sub yang menurutnya bisa digunakan untuk membantu evakuasi.

Narongsak Osotthanakorn, kepala pusat komando, mengatakan alat itu "tak praktis" meski "sangat maju secara teknologi". Musk juga menyerang Osotthanakorn dengan menyebutnya "bukan pakar dalam persoalan itu".

12 anak anggota tim sepak bola Wild Boars dan satu pelatihnya terjebak di dalam gua Tham Luang pada 23 Juni. Setelah dilaporkan hilang, regu penyelamat berusaha mengeluarkan mereka selama beberapa hari. 13 orang tersebut berhasil keluar pada 10 Juli.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya