Aktris Tiongkok Menghilang di Tengah Dugaan Penggelapan Pajak

Ia dilaporkan dilarang meninggalkan Tiongkok

Beijing, IDN Times - Aktris Tiongkok, Fan Bingbing, dilaporkan menghilang dalam beberapa waktu terakhir. Seperti dilaporkan BBC, media-media setempat melaporkan sudah tidak melihat Fan Bingbing sejak 1 Juli ketika ia mendatangi sebuah rumah sakit anak. Tidak nampaknya aktris termahal Tiongkok tersebut diindikasi terkait dengan dugaan penggelapan pajak.

1. Staf Fan Bingbing dikabarkan tengah diinvestigasi kepolisian

Aktris Tiongkok Menghilang di Tengah Dugaan Penggelapan Pajakinstagram.com/bingbing_fan

Menurut pemberitaan koran Tiongkok, The Economic Observer, ada dua staf yang bekerja dengan Fan Bingbing tengah diinvestigasi oleh kepolisian sehubungan dengan dugaan kasus itu. Namun, perwakilan aktris berusia 36 tahun tersebut belum memberikan komentar yang membenarkan atau membantah pemberitaan itu.

Semua diawali ketika Cui Yongyuan, mantan pembawa berita di media milik pemerintah, CCTV, bahwa ada 'kontrak yin dan yang' di mana seorang aktris perempuan melakukan penggelapan pajak. Satu kontrak rahasia, kata Cui, berisi remunerasi senilai Rp106 miliar dan nama Fan Bingbing muncul dalam spekulasi. Manajemen Fan Bingbing membantah tudingan itu. Cui pun meminta maaf.

2. Fan Bingbing dan saudara lelakinya dilarang bepergian ke luar negeri

Aktris Tiongkok Menghilang di Tengah Dugaan Penggelapan Pajakinstagram.com/bingbing_fan

Kepolisian saat ini sedang menyelidiki perihal kontrak yang disebutkan oleh Cui itu. Media setempat menyebut bahwa otoritas Tiongkok melarang Fan Bingbing dan adik lelakinya yang berusia 18 tahun mendapatkan larangan pergi ke luar negeri.

Meski begitu, ada juga laporan yang mengatakan pihak berwenang belum bisa menghubungi Fan Bingbing maupun manajemennya. Para penggemar Fan Bingbing pun ramai memberikan dukungan kepada idolanya melalui media sosial seperti Weibo. Beberapa meminta Fan Bingbing merilis pernyataan resmi, termasuk untuk mengabarkan kondisinya.

Baca Juga: Tiongkok Gelar Kontes Global untuk Menamai Panda

3. Fan Bingbing adalah aktris dengan penghasilan tertinggi di Tiongkok

Aktris Tiongkok Menghilang di Tengah Dugaan Penggelapan Pajakinstagram.com/bingbing_fan

Fan Bingbing sempat ikut bermain dalam film X-Men: Days of Future Past pada 2014 lalu. Di Tiongkok, ia dikabarkan memiliki status yang sama dengan Emma Stone. Menurut Forbes China, pada 2017 lalu Fan Bingbing menempati urutan pertama sebagai aktris dengan pendapatan tertinggi di Tiongkok.

Itu bukan pertama kalinya Fan Bingbing mendapatkan status elit secara finansial dan popularitas. Tiga tahun sebelumnya ia juga dinobarkan sebagai aktris termahal Tiongkok. Ia pun dikontrak oleh merek perlengkapan olahraga Adidas sebagai brand ambassador.

Baca Juga: Kreatif, Tiongkok Gunakan Tik Tok untuk Permalukan Penunggak Utang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya