Gadis Ini Coba Hentikan Pesawat yang Akan Deportasi Pria Afghanistan

Ia tolak duduk di dalam pesawat sampai deportasi dibatalkan

Stockholm, IDN Times - Seorang mahasiswi asal Swedia bernama Elin Ersson menjadi perhatian publik setelah memprotes deportasi pencari suaka laki-laki Afghanistan pada Senin (23/7). Ia melakukannya di dalam kabin pesawat yang hendak terbang dari Bandara Gothenburg, Swedia, menuju Turki.

1. Ersson menolak untuk duduk sampai pencari suaka itu diturunkan dari pesawat

Gadis Ini Coba Hentikan Pesawat yang Akan Deportasi Pria Afghanistanfacebook.com/Elin Ersson

Semua berawal ketika Ersson dan rekan-rekan aktivisnya mengetahui bahwa akan ada seorang pencari suaka asal Afghanistan yang akan dideportasi hari itu. Ia kemudian membeli sebuah tiket dan tak sungkan menunjukkan sikapnya dengan menolak duduk sampai pencari suaka itu diturunkan dari pesawat.

Ersson, mahasiswi Gothenburg University, merekam protesnya itu dalam sebuah video yang kemudian diunggah di laman Facebook pribadinya. Dengan menggunakan bahasa Inggris dan tampak sulit menahan emosinya, ia berkata, "Aku tak mau hidup seseorang direnggut hanya karena kalian tak bersedia ketinggalan penerbangan. Aku takkan duduk sampai ia turun dari pesawat."

2. Kru pesawat sempat memintanya untuk mematuhi peraturan

Gadis Ini Coba Hentikan Pesawat yang Akan Deportasi Pria Afghanistanunsplash.com/Suhyeon Choi

Melihat pemandangan tak lazim itu, kru pesawat mencoba meminta Ersson berhenti merekam dan duduk sebab mereka harus segera tinggal landas. Namun, Ersson bersikeras bahwa apa yang dilakukannya itu sah sehingga ia tetap pada keputusannya.

"Aku melakukan apa yang aku bisa untuk menyelamatkan hidup seseorang. Selama ada yang berdiri, pilot takkan tinggal landas. Aku hanya mau menghentikan deportasi dan kemudian aku akan mematuhi semua aturan di sini. Ini benar-benar legal dan aku tak melakukan pelanggaran apapun," tegasnya.

3. Ersson menerima tepuk tangan penumpang-penumpang lain, tapi nasib pencari suaka masih belum jelas

Gadis Ini Coba Hentikan Pesawat yang Akan Deportasi Pria Afghanistanunsplash.com/Ashim D'Silva

Seorang penumpang sempat marah kepada Ersson karena protesnya itu. Ia pun mengatakan bahwa dirinya "ingin pencari suaka itu turun dari pesawat sebab dia tak aman di Afghanistan". Menurut Ersson, "adalah tidak benar untuk mengirim orang ke neraka".

Dikutip dari The Guardian, Ersson, si pencari suaka serta tiga personel keamanan kemudian turun dari pesawat. Para penumpang lain pun memberikannya tepuk tangan atas keberaniannya tersebut.

Hanya saja, nasib pencari suaka itu masih belum jelas. Media-media lokal di Swedia memberitakan bahwa ia telah menghilang. Namun, menurut media Jerman, Deutsche Welle, ia berada dalam pengamanan dan tetap akan dideportasi dalam waktu dekat.

Baca juga: Tujuh Masjid ditutup dan Deportasi 12 Imam di Austria

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya