Hampir 1.000 Orang Hilang Selama Kebakaran Dahsyat di California

Sementara itu sebanyak 80 nyawa telah melayang

Los Angeles, IDN Times - Kebakaran dahsyat yang melanda sejumlah titik di negara bagian California, Amerika Serikat, mengakibatkan rekor jumlah warga yang masih dinyatakan menghilang. Hingga Minggu waktu setempat (18/11), ada hampir 1.000 orang belum ditemukan.

1. Angka orang hilang sempat mencapai lebih dari 1.200

Hampir 1.000 Orang Hilang Selama Kebakaran Dahsyat di CaliforniaANTARA FOTO/REUTERS/Gene Blevins

Seperti dilaporkan ABC News, sejak kebakaran terbaru melanda pada 8 November lalu, otoritas berwenang mencatat ada 1.202 nama yang masih belum diketahui keberadaan mereka. Angka ini kemudian menurun menjadi hampir 1.000 orang. 

Mayoritas warga yang hilang merupakan penduduk area Butte County. Kawasan itu pun disebut sebagai titik kebakaran terparah.

2. Sebanyak 80 orang dinyatakan tewas

Hampir 1.000 Orang Hilang Selama Kebakaran Dahsyat di CaliforniaANTARA FOTO/REUTERS/Gene Blevins

Kebakaran mematikan itu juga merenggut sebanyak 80 orang. Mayoritas, yaitu 77 orang, merupakan mereka yang berasal dari Butte County juga. Sejumlah pihak pun meyakini angka korban meninggal akan bertambah seiring dengan masih belum ditemukannya ribuan orang hingga saat ini.

3. Banyaknya jumlah orang yang hilang menimbulkan pertanyaan

Hampir 1.000 Orang Hilang Selama Kebakaran Dahsyat di CaliforniaANTARA FOTO/REUTERS/Terray Sylvester

Mengapa begitu banyak orang yang hilang bahkan hingga dua minggu setelah kebakaran pertama terjadi di November? Anggota kepolisian setempat, Kory Honea, mengatakan kepada BBC bahwa data yang mereka berikan bersifat "dinamis".

"Informasi yang kami sediakan adalah data mentah dan kami melihat ada kemungkinan yang besar bahwa daftar itu berisi nama-nama yang terduplikasi," ucapnya. 

Sejauh ini, otoritas California mengaku masih mengumpulkan informasi orang hilang baik melalui telepon, laporan maupun email.

4. Ada beberapa penduduk yang dinyatakan hilang, padahal selamat

Hampir 1.000 Orang Hilang Selama Kebakaran Dahsyat di CaliforniaANTARA FOTO/REUTERS/Eric Thayer

Pencatatan nama dan status yang keliru ketika situasi darurat adalah hal yang sering terjadi. Honea pun menilai tidak ada yang abnormal dari publikasi data mentah tersebut.

"Aku tak bisa membiarkan kesempurnaan menghalangi progres. Penting bagi kami untuk mempublikasikan informasi agar kami bisa secepatnya mengidentifikasi nama-nama itu."

Salah satu penduduk yang masuk dalam daftar orang hilang adalah Tamara Conry. Rupanya, ia dalam keadaan selamat. Melalui akun Facebook pribadinya Conry menulis, "Suamiku dan aku tidak hilang dan tidak pernah sebelumnya! Kami tak punya keluarga yang sedang mencari kami... Aku menelepon dan meninggalkan pesan agar nama kami dicoret dari daftar orang hilang."

5. Sepanjang 2018 California sering menjadi lokasi bencana kebakaran

Hampir 1.000 Orang Hilang Selama Kebakaran Dahsyat di CaliforniaANTARA FOTO/REUTERS/Stephen Lam/cfo/18

Sementara itu, sebanyak lebih dari 12.000 bangunan di California hancur lebur dilahap api. Dari jumlah itu, mayoritas adalah rumah-rumah penduduk, kemudian disusul gedung-gedung pertokoan serta perkantoran.

Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California mencatat tahun 2018 merupakan yang terparah. Sebanyak 675.000 hektar lahan terbakar dan menyebabkan kerugian mencapai ribuan triliun rupiah.

Baca Juga: Kebakaran Hutan di California Hanguskan Rumah Kim Kardashian West

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya