Comscore Tracker

Ingin Pamer, Uji Coba Rudal Korea Utara Malah Gagal

Kim Jong-un pun malu...

Pada hari Sabtu (15/4) Korea Utara menggelar sebuah parade militer besar-besaran yang turut memamerkan rudal balistik jarak jauh andalan mereka. Parade itu sengaja diadakan sebagai media pamer kekuatan oleh pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. Hal ini dikakukannya menyusul keputusan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang menyiapkan kapal perangnya di dekat kawasan Semenanjung Korea.

Sehari setelahnya, Korea Utara dikabarkan melakukan uji coba peluncuran rudal.

Ingin Pamer, Uji Coba Rudal Korea Utara Malah GagalDamir Sagolj/Reuters

Untuk semakin menegaskan bahwa mereka tidak takut pada ancaman AS dan sekutunya, Korea Utara menindaklanjuti parade militer tersebut dengan meningkatkan level pamer mereka. Pada Minggu pagi (16/4) Korea Utara dilaporkan melakukan uji coba peluncuran rudal di dekat pangkalan kapal selam mereka di Sinpo.

Baca Juga: Makin Memanas, Trump Siagakan Kapal di Semenanjung Korea

Sayangnya bagi Korea Utara, uji coba itu disebut-sebut telah gagal.

Ingin Pamer, Uji Coba Rudal Korea Utara Malah GagalDamir Sagolj/Reuters

Seperti dikutip dari The New York Times, pejabat tinggi militer dari Korea Selatan dan AS mengatakan uji coba itu telah gagal total. Komandan Dave Benham, juru bicara Komando AS untuk Kawasan Pasifik mengungkapkan pihaknya "mendeteksi dan memperhatikan apa yang kemudian diketahui sebagai peluncuran rudal milik Korea Utara pada pukul 11.21 tanggal 15 April waktu Hawaii."

Pihak AS kemudian melaporkan bahwa peluncuran itu gagal total karena rudal yang diuji hanya bisa terbang selama sekitar empat hingga lima detik saja. Sangat sulit bagi pihak luar untuk mengetahui mengapa uji coba tersebut gagal karena sabotase, kesalahan teknis atau faktor kesialan.

Ini sama sulitnya dengan mengetahui sampai seberapa jauh kesuksesan program rudal milik Korea Utara. Namun, banyak yang mengaitkan kegagalan itu dengan program yang dibuat Pentagon. Tingkat kegagalan peluncuran rudal Korea Utara terbilang sangat tinggi sejak Obama memerintahkan Pentagon untuk menyabotase uji coba peluncuran rudal Korea Utara pada 2014 lalu.

Ini menjadi pukulan telak bagi Kim Jong-un.

Ingin Pamer, Uji Coba Rudal Korea Utara Malah GagalDamir Sagolj/Reuters

Maksud hati ingin terlihat gagah, apa daya yang terjadi justru sebaliknya. Gagalnya peluncuran rudal itu diyakini menimbulkan rasa malu yang luar biasa yang dirasakan oleh Kim Jong-un. Salah satu perwakilan AS yang tak mau disebutkan namanya pun memberikan pernyataan dengan nada mengejek kepada Korea Utara.

"Itu adalah uji coba yang gagal. Kegagalan itu mengikuti kegagalan uji coba lainnya. Jadi, tidak perlu ditingkatkan lagi kegagalan mereka. Kita tidak butuh menghabiskan banyak sumber daya untuk membantah fakta itu," katanya, seperti dikutip dari Reuters.

Ingin Pamer, Uji Coba Rudal Korea Utara Malah GagalKim Hong Ji/Reuters

Rasa malu itu pun semakin besar mengingat kegagalan uji coba rudal Korea Utara bertepatan dengan kunjungan Wakil Presiden AS, Mike Pence ke Korea Selatan pada perayaan Paskah. Pence datang untuk membicarakan tentang program nuklir Korea Utara. Ia pun menyatakan,"Komitmen kita kepada aliansi bersejarah dengan para pemberani dari Korea Selatan tak pernah sekuat ini sebelumnya."

Baca Juga: Amerika Siagakan Kapal Perang, Korea Utara Siapkan Nuklir

 

Topic:

Berita Terkini Lainnya