Kastil Shuri di Jepang: Warisan Dunia Berusia Ratusan Tahun Terbakar

Kastil Shuri menyimpan 500 tahun sejarah Kerajaan Ryukyu

Tokyo, IDN Times - Kastil Shuri yang berlokasi di Okinawa, Jepang, mengalami kebakaran besar pada Kamis dini hari (31/10). Bangunan bersejarah yang dinobatkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO itu dipercaya sudah ada sejak sekitar tahun 1400.

Dilansir dari kantor berita Kyodo, api melahap seluruh kompleks kastil yang menyimpan sejarah Kerajaan Ryukyu tersebut. Struktur bangunan yang ada saat ini merupakan bagian dari program rekonstruksi berdasarkan sejumlah foto yang memperlihakan bentuk kastil di masa lalu.

1. Tiga bangunan utama hancur lebur

https://www.youtube.com/embed/2eGJ8wNrhqk

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Dinas Pemadam Kebakaran setempat kepada kantor berita AFP, ada lebih dari 4.800 meter persegi area kompleks kastil yang terbakar. "Seluruh [tiga] bangunan utama hancur lebur, tidak ada yang tersisa," kata Daisuke Furugen, salah satu pejabat di dinas tersebut.

Api baru bisa dipadamkan pada siang hari. "Panasnya sangat kuat. Para pemadam kebakaran mengalami kesulitan serius untuk memadamkannya," kata seorang pemadam kebakaran kepada stasiun televisi Jepang, NHK.

Baca Juga: 5 Fakta Notre Dame Paris yang Terbakar

2. Pemerintah berjanji membangun kembali Kastil Shuri

Kastil Shuri di Jepang: Warisan Dunia Berusia Ratusan Tahun TerbakarKastil Shuri, yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia (World Heritage Site), terbakar di Naha di selatan pulau Okinawa, Jepang, 31 Oktober 2019, dalam foto yang diambil oleh Kyodo. ANTARA FOTO/Kyodo/via REUTERS

Insiden yang terjadi ini membuat Wali Kota Mikiko Shiroma mengaku "sangat sedih". Ia menilai Kota Naha yang menjadi lokasi Kastil Shuri berada telah "kehilangan simbol" penting. Oleh karena itu, pihaknya berjanji tidak akan diam saja.

"Kota Naha akan melakukan upaya terbaik untuk melakukan segalanya yang kami bisa," kata Shiroma. Upaya tersebut termasuk membangun kembali Kastil Shuri. "Ini menyedihkan. Sulit untuk mengungkapkannya dengan kata-kata," ujar seorang warga. "Ini sudah jadi simbol Okinawa."

3. Kastil Shuri merepresentasikan sejarah Kerajaan Ryukyu

Kastil Shuri di Jepang: Warisan Dunia Berusia Ratusan Tahun TerbakarKastil Shuri dilihat dari udara. Foto diambil melalui helikopter pada 2017. Kyodo News

Kastil Shuri menjadi Warisan Dunia menurut UNESCO karena mencerminkan sejarah Kerajaan Ryukyu sejak abad 12 hingga 17, atau 500 tahun, sebelum Okinawa akhirnya menjadi bagian dari Jepang pada 1879.

Ketika Perang Dunia II, Kastil Shuri sempat mengalami kebakaran juga, tapi kemudian berhasil dibangun kembali. Pada 1992, kompleks tersebut dibuka sebagai taman nasional yang menjadi atraksi wisata bagi turis lokal dan asing.

Baca Juga: Hampir Bersamaan dengan Notre Dame, Terlihat Api di Masjid Al-Aqsa 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya