Comscore Tracker

Kebun Binatang Washington Rayakan Kelahiran Bayi Panda

Gemes gak sih?

Jakarta, IDN Times - Panda raksasa bernama Mei Xiang menjadi buah bibir di media sosial. Pada Jumat 21 Agustus 2020, binatang yang sangat populer di YouTube tersebut melahirkan bayinya di Kebun Binatang Nasional Smithsonian di Washington, Amerika Serikat.

Seperti yang dipublikasikan di situs Smithsonian, para staf yang merawat Mei Xiang menjadi saksi mata kelahiran bayi panda itu pada pukul 18.35 waktu setempat. Pihak kebun binatang juga merekam dan membagikan potongan video ketika Mei Xiang menggendong bayinya untuk pertama kali.

1. Penggemar panda menyaksikan proses kelahiran secara virtual

https://www.youtube.com/embed/1KOtvTN80mo

Mengetahui bahwa banyak sekali penggemar panda di seluruh dunia, pihak kebun binatang memasang kamera untuk menyiarkan proses kelahiran yang dilalui Mei Xiang. Kamera yang dikenal sebagai panda cam itu bisa diakses lewat situs kebun binatang selama 24 jam.

Para fans Mei Xiang melihat bagaimana ia langsung merawat bayinya yang baru lahir. "Kami sangat bahagia bisa mengabarkan bahwa Mei Xiang melahirkan pada pukul 18.35 dan sedang merawat bayinya dengan penuh perhatian," kata pengurus kebun binatang. Mei Xiang sendiri terakhir melahirkan pada empat tahun lalu.

Baca Juga: Tak Hanya Kucing, 10 Tingkah Panda Ini Bikin Netizen Gemas Banget Deh

2. Pemeriksaan pasca melahirkan akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang

https://www.youtube.com/embed/Oq2Y_sN9Qgg

Perawat Mei Xiang akan melakukan evaluasi pascapersalinan dalam beberapa waktu mendatang. Ini lantaran perlu waktu bagi mereka untuk mengambil bayi panda dari induknya. Jenis kelaminnya juga baru bisa dipastikan setelah beberapa hari usai kelahiran.

Steve Monfort, Direktur Kebun Binatang Nasional dan Institut Konservasi Biologi Smithsonian, mengungkap bahwa sebelumnya pihaknya sempat khawatir Mei Xiang tidak bisa hamil lagi. Persoalannya adalah usia si ibu panda yang sudah cukup tua sehingga kehamilan jadi lebih berisiko.

Akan tetapi, Smithsonian memutuskan untuk mencobanya. Mei Xiang yang berusia 22 tahun diberi inseminasi buatan pada 22 Maret lalu. Ia menerima sperma beku dari panda jantan bernama Tian Tian yang akan berumur 23 tahun pada akhir Agustus ini.

"Panda raksasa merupakan simbol dari margasatwa langka dan harapan, dan dengan kelahiran bayi panda yang berharga ini, kami sangat bersuka cita untuk menawarkan kepada dunia sebuah momen kebahagiaan murni yang sangat dibutuhkan saat ini," kata Monfort.

"Saya sangat banga terhadap tim perawat dan sains kami yang keahlian mereka di bidang perilaku panda sangat penting bagi keberhasilan konservasi ini," tambahnya.

3. Mei Xiang akan kembali keTiongkok akhir tahun ini

Kebun Binatang Washington Rayakan Kelahiran Bayi PandaPanda Mei Xiang melahirkan anaknya di Kebun Binatang Nasional Smithsonian, Washington, Amerika Serikat pada 21 Agustus 2020. nationalzoo.si.edu

Seperti panda-panda lain, Mei Xiang dan Tian Tian dipinjamkan oleh Tiongkok kepada Smithsonian. Tiga anak Mei Xiang lainnya--yaitu Tai Shan, Bao Bao dan Bei Bei--sudah dipindahkan ke Tiongkok masing-masing pada 2010, 2017, dan 2019.

Berdasarkan perjanjian dengan Asosiasi Konservasi Margasatwa Tiongkok, semua bayi panda yang lahir di Kebun Binatang Smithsonian wajib dikembalikan ketika berusia empat tahun. Mei Xiang dan Tian Tian sendiri akan meninggalkan Washington pada Desember 2020.

Selain itu, Amerika Serikat dan Tiongkok telah menandatangani kesepakatan bahwa Smithsonian selaku Kebun Binatang Nasional harus membayar kontribusi sebesar Rp7,4 miliar per tahun untuk upaya konservasi panda di Tiongkok.

Besarnya biaya itu dipengaruhi oleh langkanya spesies panda. Saat ini, kurang dari 2.000 ekor hidup di Tiongkok yang merupakan habitat alami mereka. Sedangkan sekitar 600 lainnya berada di berbagai kebun binatang maupun pusat pengembang-biakkan panda di berbagai negara.

Baca Juga: Bikin Pengen Meluk! Ini 12 Bukti Bahwa Panda Adalah Hewan Tergemas

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya