Kelompok LGBTQ Catat Rekor di Pemilu Amerika Serikat

Dari jadi anggota DPR sampai gubernur negara bagian

Washington DC, IDN Times - Sejumlah kandidat dari kelompok lesbian, gay, bisexual, transgender, questioning (LGBTQ) Amerika Serikat mencatatkan rekor ketika pemilu berlangsung pada Selasa waktu setempat (6/11). Mereka menang di daerah pemilihan masing-masing dan posisi yang diduduki pun beragam, mulai dari kursi legislatif hingga gubernur negara bagian. Berikut ini di antaranya:

1. Seorang laki-laki gay terpilih menjadi gubernur negara bagian Colorado

Kelompok LGBTQ Catat Rekor di Pemilu Amerika Serikatunsplash.com/Elyssa Fahndrich

Berdasarkan data yang dihimpun Victory Fund, ada lebih dari 240 LGBTQ yang memenangi pemilihan awal pada pertengahan tahun. Beberapa di antaranya berhasil mengamankan posisi yang diincaranya masing-masing. Salah satunya adalah Jared Polis yang saudara Presiden George W. Bush.

Ia terpilih jadi gubernur negara bagian Colorado. Polis, seorang Demokrat, sudah secara terbuka mengaku sebagai homoseksual sejak masih menjabat sebagai anggota Kongres Amerika Serikat pada 2011 lalu.

Baca Juga: Ini Anggota Kongres Termuda dalam Sejarah Amerika Serikat

2. Seorang lesbian melangkah ke Kongres dengan mengalahkan lawan yang anti-LGBTQ

Kelompok LGBTQ Catat Rekor di Pemilu Amerika Serikatunsplash.com/Sharon McCutcheon

Angie Craig sukses melenggang ke Kongres dengan kemenangan besar. Ia tak hanya menjadi lesbian pertama yang menjadi anggota Kongres dari negara bagian Minnesota, tapi juga melakukannya dengan mengalahkan lawan, seorang Republikan, yang anti-LGBTQ.

Lawan yang ia kalahkan adalah Jason Lewis, dan ini bukan pertama kali mereka saling berebut posisi. Pada 2016 ia mengalahkan Craig dengan selisih perolehan suara sebesar dua persen saja. Lewis mengatakan homoseksual sebagai "tukang perkosa" dan secara terbuka mengecam pernikahan sesama jenis.

3. Dua perempuan transgender memenangkan kursi Dewan Perwakilan Rakyat

Kelompok LGBTQ Catat Rekor di Pemilu Amerika Serikatunsplash.com/Joshua Stitt

Sejarah juga dituliskan oleh dua perempuan transgender, Gerri Cannon dan Lisa Bunker, yang berasal dari New Hampshire. Keduanya adalah kader Partai Demokrat yang sama-sama memenangkan kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di negara bagian tersebut.

Selain mereka berdua, ada satu lagi transgender yang terpilih sebagai anggota legislatif. Menurut laporan Los Angeles Blade, DPR di negara bagian Virginia juga kedatangan seorang anggota baru bernama Danica Roem. Dalam sebuah pesan di akun Twitter pribadinya, Roem menuliskan: "Secepatnya aku takkan lagi jadi satu-satunya legislator di negara ini...dan ini sangat luar biasa!"

Baca Juga: Pertama Kalinya! 2 Perempuan Muslim Lolos ke Kongres Amerika Serikat

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya