Kreator 'Chibi Maruko-chan' Wafat Akibat Kanker Payudara

Terima kasih sudah membahagiakan masa kecil kami!

Tokyo, IDN Times - Kabar duka datang dari dunia manga Jepang. Kreator manga ternama 'Chibi Maruko-chan', Momoko Sakura, wafat pada 15 Agustus 2018. Dikutip dari Japan Times, Sakura meninggal karena kanker payudara.

1. Pemakamannya dihadiri orang-orang terdekat

Kreator 'Chibi Maruko-chan' Wafat Akibat Kanker PayudaraYomiuri Shimbun

Dalam sebuah pernyataan resmi yang dirilis di situs sakuraproduction.jp, perwakilan mendiang Sakura menyebutkan bahwa pemakaman sudah dilangsungkan hari itu juga. Namun, pemamakan itu bersifat tertutup dan hanya dihadiri oleh anggota keluarga serta teman-teman dekat Sakura. Ia meninggal di usia 53 tahun.

Baca Juga: Ini 8 Anime yang Wajib Kamu Tonton di Tahun 2018, Keren Semua!

2. Debut Sakura terjadi pada 1984

Kreator 'Chibi Maruko-chan' Wafat Akibat Kanker PayudaraAnime News Network

Manga 'Chibi Maruko-chan' sendiri berawal dari sebuah seri yang terbit di majalah bulanan Ribbon pada Agustus 1986. Sakura sendiri mengawali debutnya pada 1984. Namun, 'Chibi Maruko-chan' yang benar-benar mengangkat namanya.

Manga itu tak hanya sangat terkenal di Jepang, tapi di sejumlah negara Asia. Bahkan, pada 1990, manga 'Chibi Maruko-chan' diproduksi menjadi anime. Tak cuma di Jepang dan Indonesia, anime itu juga tayang di beberapa negara seperti Tiongkok serta Vietnam. Lagu tema animenya, 'Odoru Ponpokorin', juga menjadi populer di mana-mana.

3. Majalah pertama yang menerbitkan 'Chibi Maruko-chan' mengucapkan bela sungkawa

Kreator 'Chibi Maruko-chan' Wafat Akibat Kanker PayudaraYouTube

Begitu mendengar kabar kematian Sakura, Ribbon langsung menerbitkan pernyataan berduka cita. Pemimpin redaksi Ribbon, Soichi Aida, menulis: "Aku merasa sangat sedih karena kepergiannya, yang terjadi begitu cepat. Tapi senyum ceria Maru-chan dan teman-temannya akan tetap bersinar di pikiran pembaca dari anak-anak hingga dewasa. Terima kasih banyak Momoko Sakura."

Baca Juga: Yuk Mainkan Omnyoji Arena, Game MOBA Mobile Bergaya Anime!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya