Ledakan di Lokasi Uji Coba Roket Rusia, Level Radiasi Meningkat

Ledakan di Rusia menewaskan dua orang spesialis sipil

Moscow, IDN Times - Sebuah ledakan terjadi di sebuah fasilitas uji coba mesin roket milik militer Rusia pada Kamis waktu setempat (7/8). Menurut laporan BBC, ada dua orang korban jiwa dari insiden ini. Keduanya merupakan spesialis sipil yang bekerja di sana.

Pejabat lokal mengatakan setidaknya ada empat lainnya yang menderita luka. Mereka berlatar belakang sipil dan militer. Ledakan terjadi ketika uji coba mesin roket sedang berlangsung.

1. Level radiasi meningkat

Ledakan di Lokasi Uji Coba Roket Rusia, Level Radiasi Meningkatunsplash.com/Michael Parulava

Berdasarkan keterangan juru bicara otoritas kota Severodvinsk di mana lokasi uji coba berada, level radiasi di sana meningkat tajam untuk beberapa saat. Keterangan ini disampaikan lewat kantor berita Rusia, TASS, yang kemudian dikutip oleh Reuters.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan mengaku bahwa tidak ada materi berbahaya yang keluar akibat dari ledakan tersebut. Pemerintah juga meyakinkan level radiasi berada dalam batas normal. Informasi terkait ini akan terus diperbarui.

Baca Juga: Chernobyl Dibanjiri Turis, Kreator Serial Televisinya Merasa Resah

2. Pesawat militer dikirim untuk mengangkut korban

Lokasi yang cukup sulit dijangkau menyebabkan otoritas berwenang mengirimkan pesawat darurat untuk membawa para korban luka. Tidak diketahui pasti seberapa parah luka yang mereka alami dan dibawa ke rumah sakit mana untuk mendapatkan perawatan.

3. Sebelumnya ada laporan insiden di fasilitas uji coba rudal lainnya

Ledakan di Lokasi Uji Coba Roket Rusia, Level Radiasi Meningkatunsplash.com/ Jaunt and Joy

Beberapa hari lalu muncul berbagai laporan bahwa telah terjadi sebuah kebakaran di fasilitas militer yang berlokasi di Nyonoksa, Rusia. Fasilitas tersebut pun menjadi lokasi uji coba rudal, termasuk rudal balistik antar benua (ICBM).

Sebelumnya, yaitu pada Senin (5/8), ribuan warga di salah satu kota di Siberia harus dievakuasi setelah gudang amunisi di markas militer Rusia terbakar dan menimbulkan sejumlah ledakan. Media Rusia melaporkan ada satu tentara meninggal dan setidaknya tujuh lainnya terluka.

Baca Juga: Pesawat Rusia Terbakar Saat Mendarat, 41 Orang Tewas

Topik:

Berita Terkini Lainnya