[Linimasa Kedua] Trump dan Kim Jong-un Gagal Capai Kesepakatan

Baca momen-momen krusial dari #TrumpKimSummit di sini:

Hanoi, IDN Times - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bertemu lagi di hari kedua, Kamis (28/2).

Sehari sebelumnya, kedua kepala negara itu telah melakukan percakapan one on one dan makan malam bersama di Metropole Hotel.

Baca Juga: [Linimasa Pertama] Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un di Vietnam

22:58 WIB, 28 Februari: Korea Selatan memberi pernyataan resmi

[Linimasa Kedua] Trump dan Kim Jong-un Gagal Capai KesepakatanANTARA FOTO/REUTERS/Jorge Silva

Untuk mengakhiri linimasa pertemuan Trump dan Kim, berikut ini adalah pernyataan resmi Korea Selatan yang dilansir dari kantor berita Yonhap.

"Kami benar merasa menyesal bahwa Presiden Trump dan Chairman Kim Jong-un tidak bisa mencapai kesepakatan pada pertemuan hari ini," kata juru bicara Istana Kepresidenan melalui rilis tertulis.

"Tapi, tampaknya juga bahwa mereka sudah membuat kemajuan yang lebih berarti dibandingkan waktu kapanpun di masa lalu," tambahnya. Korea Selatan juga meyinggung bukan tak mungkin ada kesepakatan baik di kemudian hari.

"Keinginan yang ditunjukkan Presiden Trump untuk melanjutkan dialog dan pandangan optimisnya menawarkan prospek yang cerah untuk pertemuan berikutnya." Korea Selatan pun menegaskan komitmen untuk membantu ini agar terjadi.

"Pemerintah kami akan melakukan sebaik-baiknya untuk memastikan Amerika Serikat dan Korea Utara akan menjaga momentum untuk dialog sambil melanjutkan komunikasi dan kerja sama mereka."

15: 36 WIB, 28 Februari: Trump mengatakan tidak ada pertemuan ketiga

[Linimasa Kedua] Trump dan Kim Jong-un Gagal Capai KesepakatanYouTube/WhiteHouse

Jalan yang ditempuh untuk denuklirisasi masih panjang. Trump mengatakan,"Saya lebih memilih melakukannya dengan tepat daripada cepat." Ia pun menyebut tidak ada rencana untuk bertemu ketiga kalinya. Tak lama, Trump meralat itu. "Kita lihat jika itu terjadi, ya itu terjadi."

Baca Juga: Trump dan Kim Tak Capai Kesepakatan Soal Nuklir, Apa yang Salah?

14: 15 WIB, 28 Februari: Trump menyebut masalah sanksi ekonomi jadi hambatan

[Linimasa Kedua] Trump dan Kim Jong-un Gagal Capai KesepakatanANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis

Trump melakukan konferensi pers dengan ditemani Menlu Mike Pompeo. Ia mengawali dengan menyampaikan beberapa komentar tentang Venezuela, India dan Pakistan. Setelah menyebut bahwa Kim memiliki "karakter yang kuat".

Kemudian, ia menjelaskan bahwa hambatan dari kesepakatan keduanya adalah Kim "ingin penghapusan sanksi ekonomi seluruhnya", tapi pemimpin Korea Utara itu "tidak bersedia" meninggalkan program senjata nuklir secara total.

Trump juga mengatakan Kim berjanji padanya pada Rabu malam bahwa Korea Utara "takkan melakukan uji coba nuklir" meski tidak ada kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan.

Terkait ini, Trump menegaskan "ini bukan saat yang tepat untuk menandatangani sebuah perjanjian" karena masing-masing pihak tidak sepakat soal apa yang harus diserahkan untuk hasil tersebut.

13:42 WIB, 28 Februari: Tidak ada kesepakatan antara Trump dan Kim

[Linimasa Kedua] Trump dan Kim Jong-un Gagal Capai KesepakatanANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis

Setelah atmosfer yang kemarin ditampilkan seperti tampak positif, bahkan hingga tadi pagi, Gedung Putih tiba-tiba mengumumkan bahwa "tidak ada kesepakatan yang dicapai" oleh Trump dan Kim.

Dalam rilisnya, juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders menulis "tapi masing-masing tim menantikan pertemuan di masa depan". Ia kemudian melanjutkan,"Presiden Donald J. Trump dan Chairman Kim Jong-un menjalani sebuah pertemuan yang sangat baik dan membangun."

"Kedua pemimpin mendiskusikan berbagai cara untuk mewujudkan denuklirisasi dan konsep berdasarkan ekonomi," tulisnya.

Baca kembali rangkuman pertemuan Trump dan Kim di hari pertama.

Baca Juga: [Linimasa Pertama] Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un di Vietnam

13:31 WIB, 28 Februari: Kim dilaporkan meninggalkan Metropole Hotel tanpa sepatah kata

Managing editor NKNews.org, Oliver Hotham, menginformasikan apa yang tampak seperti rombongan Kim. Menurut Hotham Kim "meninggalkan Metropole tanpa upacara penandatanganan pernyataan bersama".

The Guardian melaporkan bahwa rombongan Trump juga sedang dalam perjalanan menuju Marriott Hotel di mana konferensi pers akan berlangsung. Semua tengah menantikan kejelasan karena kejadian ini memberi sinyal sesuatu yang tidak baik.

13:27 WIB, 28 Februari: Ketidakpastian sedang terjadi

[Linimasa Kedua] Trump dan Kim Jong-un Gagal Capai Kesepakatantwitter.com/chadocl

CEO Korea Risk Group yang ikut hadir dalam rombongan wartawan, Chad O'Carroll, mengunggah foto-foto di akun Twitter pribadinya. Foto-foto itu memperlihatkan seorang perempuan menyiapkan podium untuk konferensi pers. Hanya ada satu pengeras suara.

Ketidakpastian sedang terjadi karena seharusnya konferensi pers berlangsung pada sore nanti dan secara mendadak dimajukan ke pukul 14:00. Para awak media pun menanti penjelasan apa yang terjadi selama pertemuan.

[Linimasa Kedua] Trump dan Kim Jong-un Gagal Capai Kesepakatantwitter.com/chadocl

12:56 WIB, 28 Februari: Reporter diminta keluar dari ruang makan siang

David Nakamura, reporter Washington Post, mengunggah foto ruang makan yang tampak siap, tapi tidak ada satupun anggota delegasi masing-masing pihak muncul di sana. Nakamura mengungkap sebelumnya para reporter Gedung Putih sudah menanti di ruangan itu, tapi kemudian mereka diminta pergi.

12:45 WIB, 28 Februari: Jadwal molor

[Linimasa Kedua] Trump dan Kim Jong-un Gagal Capai Kesepakatantwitter.com/TheWhiteHouse

Gedung Putih mengabarkan bahwa ada perubahan jadwal, meski detilnya belum dijelaskan. Seharusnya Trump dan Kim sudah mulai makan siang sejak pukul 12 siang, tapi menurut kabar, pertemuan bilateral terpaksa molor dari rencana semula.

Ralat:

Juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders mengumumkan pertemuan masih berjalan dan kemungkinan baru akan selesai dalam 30 atau 40 menit lagi. Tidak dijelaskan apakah keduanya sudah melakukan makan siang. 

Dilansir dari The Guardian, konferensi pers akan maju ke pukul 14:00 WIB. Padahal, menurut rencana, itu akan dilakukan pada pukul 16:00 WIB. Spekulasi muncul bahwa upacara penandatanganan pernyataan bersama tidak akan terjadi.

12:42 WIB, 28 Februari: Menu makan siang Trump dan Kim

[Linimasa Kedua] Trump dan Kim Jong-un Gagal Capai Kesepakatantwitter.com/TheWhiteHouse

Menurut CNN:

  • Apple foie gras jelly
  • Ikan salju
  • Pie Banoffee
  • Teh ginseng dan kudapan berbahan dasar ginseng

11: 29 WIB, 28 Februari: Beberapa reporter berharap Trump dan Kim melakukan konferensi pers bersama

Setelah Kim bersedia menerima dan menjawab pertanyaan, banyak reporter yang mengaku tidak menyangka. Mereka pun berharap konferensi pers sore nanti tidak hanya dilakukan oleh Trump seorang, melainkan mengajak Kim.

Ini karena mereka ingin mendengar pernyataan dari diktator tersebut secara langsung--di mana ini adalah momen yang sangat langka. Belum diketahui apakah Kim dan Trump terbuka dengan ide ini.

11: 15 WIB, 28 Februari: Kim tegaskan ia berkomitmen melakukan denuklirisasi

[Linimasa Kedua] Trump dan Kim Jong-un Gagal Capai KesepakatanANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Wartawan sempat bertanya sejauh mana Kim mau untuk meninggalkan program senjata nuklirnya. "Jika saya tak berniat melakukannya, saya takkan berada di sini," jawab Kim melalui penerjemahnya.

11: 13 WIB, 28 Februari: Trump dan Kim singgung pembukaan kantor perwakilan diplomatik

[Linimasa Kedua] Trump dan Kim Jong-un Gagal Capai KesepakatanANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha

Keduanya keluar untuk menemui awak media sebelum melanjutkan pertemuan. Trump mengatakan pembicaraannya dengan Kim berjalan "sangat sukses". Wartawan kemudian bertanya apakah ada kemungkinan membuka kantor perwakilan diplomatik di Pyongyang. "Saya sangat tertarik mendengar jawaban dari itu," ucapnya. Kim lalu menimpali bahwa ia "terbuka" dengan ide tersebut.

11:09 WIB, 28 Februari: Ini momen saat Kim untuk pertama kalinya menjawab pertanyaan wartawan

11:03 WIB, 28 Februari: Berikut ini jadwal Trump dan Kim hari ini

[Linimasa Kedua] Trump dan Kim Jong-un Gagal Capai Kesepakatantwitter.com/WhiteHouse

Menurut The Guardian:

  • 09:00 - Pertemuan bilateral one on one
  • 09:45 - Pertemuan bilateral dengan sejumlah penasihat masing-masing
  • 11:55 - Makan siang
  • 14:05 - Upacara penandatanganan pernyataan bersama
  • 14:40 - Trump meninggalkan Metropole Hotel dan kembali ke Marriott Hotel
  • 15:50 - Konferensi pers oleh Trump

10: 56 WIB, 28 Februari: Mantan pebasket NBA sebut Trump berpotensi mendapat Nobel Perdamaian

Rodman beberapa kali mengunjungi Pyongyang atas undangan Kim. Pada pertemuan di Singapura tahun lalu, ia juga hadir dengan mengikuti jalannya negosiasi bilateral dari luar arena. Hari ini Rodman mengunggah sebuah surat untuk Trump.

Ia mengaku pertemanannya dengan Kim "tetap kuat" dan bahwa ia ingin "berbicara" dengan Trump setelah pertemuan. "Anda berada di ujung dari sebuah kesepakatan yang besar dan indah. Sesuatu yang akan membuat Anda terdepan dalam mendapatkan Nobel Perdamaian," tulisnya.

10.00 WIB, 28 Februari: Cuaca terik membatalkan rencana obrolan di pinggir kolam renang

Menurut rencana awal, Trump dan Kim akan berbincang santai di pinggir kolam renang sebelum menjalani sesi one on one. Namun, cuaca yang terik membuat protokoler keduanya membatalkan rencana tersebut.

Saat ini Trump dan Kim, ditemani Menlu AS Mike Pompeo dan ketua tim negosiator Korea Utara Kim Yong-chol, serta beberapa pihak terkait sedang melangsungkan pertemuan bilateral. Pertemuan ini dijadwalkan berlangsung selama kurang lebih dua jam, lalu dilanjutkan makan siang.

09.45 WIB, 28 Februari: Trump dan Kim melakukan sesi one on one

Trump dan Kim sempat terlihat jalan bersama di kawasan sekitar kolam renang hotel menuju sebuah ruangan.

Wartawan Washington Post, David Nakamura, mengambil foto Trump dan Kim yang sedang melakukan pertemuan bilateral tertutup.

09.12 WIB, 28 Februari: Momen langka ketika Kim menjawab pertanyaan reporter

[Linimasa Kedua] Trump dan Kim Jong-un Gagal Capai KesepakatanANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato

Sebelumnya, Kim tidak pernah menerima pertanyaan dari wartawan. Kali ini ada yang berbeda. Seorang reporter Amerika Serikat menanyakan apakah ia merasa percaya diri dengan pertemuan tersebut.

"Terlalu dini untuk mengatakan. Saya takkan bilang bahwa saya pesimis. Sebaliknya, saya justru merasa bahwa hasil yang baik akan keluar," jawab Kim.

09.00 WIB, 28 Februari: Trump mengatakan keduanya tidak terburu-buru mencari hasil

[Linimasa Kedua] Trump dan Kim Jong-un Gagal Capai KesepakatanANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis

Sebelum melakukan diskusi bilateral one on one, Trump dan Kim menemui para awak media. "Kami akan duduk bersama dan menjalani dialog yang luar biasa dan aku akan melakukan yang terbaik untuk menghasilkan hari yang sangat baik," ucap Trump.

Ia juga menegaskan, "tidak terburu-buru". Menurut Trump, "kecepatan tidak penting. Selama beberapa waktu kami akan memiliki kesuksesan yang fantastis. Apa yang penting sekarang adalah melakukan yang benar."

Baca Juga: Ada Perbedaan Definisi Denuklirisasi Bagi Trump dan Kim Jong-un

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya