Mahershala Ali, Aktor Mualaf Pertama yang Sukses Raih Piala Oscar

Alhamdulillah...

Penghargaan bergengsi Academy Awards atau Oscar tahun ini terasa begitu berbeda. Pasalnya, ajang tahunan ini tak lagi didominasi oleh para aktor, aktris, serta sineas kulit putih yang lazim di tahun-tahun sebelumnya. Salah satu yang berhasil mencuri perhatian adalah Mahershala Ali.

Ali adalah aktor mualaf pertama yang berhasil mendapatkan piala Oscar.

Mahershala Ali, Aktor Mualaf Pertama yang Sukses Raih Piala Oscaretonline.com

Pria kelahiran Oakland, California, Amerika Serikat ini menjadi aktor mualaf pertama yang dianugerahi gelar Pemain Pendukung Terbaik oleh Academy of Motion Pictures and Sciences (AMPAS). Dikutip dari Quartz, Ali mengaku memutuskan menjadi mualaf 17 tahun lalu. Ia juga menceritakan pengalaman pribadinya. Ia ingin mengubah pandangan masyarakat yang menilai bahwa perbedaan agama itu sesuatu yang besar.

"Ibuku adalah seorang pendeta. Aku adalah seorang Muslim. Namun, dia tak meributkan apapun ketika aku menghubunginya untuk memberitahu bahwa aku telah menjadi mualaf 17 tahun lalu. Aku beritahu sekarang, kami tak mempersoalkannya. Aku bisa memahaminya, dia bisa memahamiku, kami saling menyayangi, cinta itu tumbuh. Hal itu (menjadi mualaf) adalah sesuatu yang kecil. Itu tak terlalu penting (untuk dipersoalkan)," ujar Ali saat menerima penghargaan Screen Actors Guild Januari lalu.

Baca Juga: Kenapa Academy Award Disebut OSCAR ?

Mahershala Ali dinobatkan sebagai Pemain Pendukung Terbaik dalam film Moonlight.

Mahershala Ali, Aktor Mualaf Pertama yang Sukses Raih Piala OscarDavid Bornfriend/Associated Press via SFGate

Ali berperan sebagai Juan, seorang pengedar narkoba, dalam film drama besutan sutradara Barry Jenkins, Moonlight. Meski mengedarkan narkoba, tapi Juan memiliki ketulusan untuk membantu dan melindungi seorang anak lelaki bernama Chiron yang tinggal bersama ibunya yang secara kebetulan juga menjadi pecandu narkoba.

Dalam pidatonya, Ali berkata bahwa,"Aku punya banyak sekali guru yang luar biasa, dan satu hal yang selalu mereka katakan padaku adalah ini (peran di film) bukan tentangmu. Ini tentang karakter-karakter dalam film. Kamu adalah pelayan dari cerita-cerita dan karakter-karakter ini. Dan aku sangat bersyukur diberikan kesempatan untuk melakukannya."

Kebahagiaan Ali sepertinya semakin lengkap karena Moonlight juga meraih piala Oscar untuk kategori Film Terbaik, ditambah lagi ia baru saja menjadi seorang ayah.

Baca Juga: Dilarang Masuk Amerika, Sutradara Iran ini Justru Menang Oscar

Topik:

Berita Terkini Lainnya