Maskapai ini Sukses Pecahkan Rekor Penerbangan Terpanjang di Dunia

Tempuh jarak 14.535 km dan lintasi 10 zona waktu!

Senin pagi (6/2) maskapai penerbangan komersial Qatar Airways berhasil memecahkan rekor penerbangan terpanjang di dunia. Berangkat dari kota Doha, Qatar, maskapai ini sukses mendarat di Bandara Auckland, Selandia Baru, pada pukul 07.25 waktu setempat.

Penerbangan Qatar Airways menempuh 14.535 km untuk mencapai Auckland.

Maskapai ini Sukses Pecahkan Rekor Penerbangan Terpanjang di Duniatwitter.com/qatarairways

"Kami telah resmi mendarat di Selandia Baru, 'Tanah Awan Putih Panjang'. Kia Ora!"

Begitu bunyi cuitan maskapai Qatar Airways. Dikutip dari The Guardian, Qatar Airways berhasil terbang dari Doha ke Auckland dengan menempuh perjalanan sepanjang 14.535 km selama 16 jam dan 23 menit. Dengan jarak tersebut, para kru dan penumpang pesawat maskapai penerbangan ini melintasi sepuluh zona waktu berbeda sejak dari Doha, Dubai, Oman bagian utara.

Lalu berlanjut melewati ujung paling selatan India dan Srilanka, Samudera Hindia, Australia Barat, hingga akhirnya mendarat di Auckland. Pihak Qatar Airways juga berseloroh dengan menyebut penerbangan ini jauh lebih lama dari durasi keseluruhan trilogi film Lord of The Rings yang juga mengambil tempat syuting di Selandia Baru.

Baca Juga: Badai Salju Terpa AS: 400 Penerbangan Tertunda dan Ratusan Koper Berantakan

Harga tiket kelas ekonomi untuk penerbangan ini adalah senilai Rp 16,8 juta untuk sekali jalan.

Maskapai ini Sukses Pecahkan Rekor Penerbangan Terpanjang di Duniatwitter.com/qatarairways

Penerbangan ini terbilang laris manis karena penumpang tak harus transit berkali-kali untuk sampai ke Auckland. Namun, konsekuensinya, harga tiketnya jadi cukup mahal. Seperti diberitakan oleh RT.com, untuk kelas ekonomi saja penumpang harus merogoh kocek sebesar Rp 16,8 juta untuk sekali jalan. Sedangkan harga tiket kelas bisnis menyentuh Rp 60 juta.

Dalam penerbangan ini Qatar Airways menggunakan pesawat Boeing 777-200LR dengan teknologi terdepan dan memang sengaja dibuat untuk melayani penerbangan jarak jauh. Menurut laporan, sepanjang penerbangan dari Doha ke Auckland, ada empat pilot dan 15 kru kabin yang bertugas. Tak hanya itu, ada 1.100 gelas kopi dan teh, 2.000 minuman dingin, serta 1.036 makanan yang dikonsumsi sepanjang perjalanan di udara.

Begitu mendarat, petugas Bandara Auckland pun menyambut dengan menghujani badan pesawat dengan water cannon seperti berikut ini:

Maskapai ini Sukses Pecahkan Rekor Penerbangan Terpanjang di Duniatwitter.com/AKL_Airport

Rekor penerbangan terpanjang sebelumnya dipegang oleh rival Qatar Airways, yakni Emirates. Singapore Airlines diyakini akan menggeser posisi Qatar Airways di tahun 2018.

Maskapai ini Sukses Pecahkan Rekor Penerbangan Terpanjang di DuniaAirbus via Bloomberg

Pada Maret 2016 lalu Emirates sukses mencatatkan rekor penerbangan terpanjang di dunia dari Dubai ke Auckland. Penerbangan ini menempuh jarak 14.200 km dengan durasi 17 jam 15 menit. Singapore Airlines, maskapai kebanggaan Singapura, juga berencana untuk memecahkan rekor penerbangan terpanjang pada tahun 2018 dengan mengambil rute New York-Singapura selama 18 hingga 19 jam. Rencana ini sendiri sudah disampaikan sejak 2015 dan kabarnya akan menggunakan pesawat Airbus A350-900ULR yang diproduksi khusus untuk penerbangan jarak jauh.

Baca Juga: 9 Rahasia Maskapai Penerbangan yang Jarang Diketahui Orang!

Topic:

Just For You