Mesir Undang Elon Musk Berkunjung Usai Klaim Piramida Dibangun Alien

Elon Musk kebanyakan waktu senggang buat main Twitter

Jakarta, IDN Times - Elon Musk seakan tidak bisa berhenti membuat sensasi lewat media sosial. Bos Tesla dan SpaceX tersebut kembali menuliskan cuitan berisi klaim konyol dan tanpa dasar, bahwa Piramida di Mesir tidak dibangun manusia, melainkan alien.

Dalam twit bertanggal 31 Juli 2020 tersebut, miliarder kelahiran Afrika Selatan itu menulis: "Alien-alien jelas membangun Piramida." Ini menimbulkan berbagai reaksi dari netizen, beberapa di antara mereka percaya pada klaim itu, tetapi sebagian besar sebaliknya.

1. Tidak jelas apakah Elon Musk serius atau terlalu banyak waktu luang

Cuitan awal itu kemudian diikuti tautan ke tulisan Wikipedia. "Piramida Agung adalah struktur tertinggi yang dibuat oleh manusia selama 3.800 tahun. Tiga ribu delapan ratus tahun," tulis dia.

Kemudian, Elon Musk menambahkan tautan lain. "Artikel BBC ini menyediakan kesimpulan yang masuk akal soal bagaimana itu dibangun," tulis Musk.

Sarah Parcak, arkeolog sekaligus pakar sejarah Mesir, membalas twit itu dengan menawarkan referensi lebih terpercaya, untuk melawan klaim bodong dari pengusaha tersebut.

"Pakar egiptologi di sini Elon yang bekerja di situs Piramida kerajaan. Mereka [alien] tidak [membangunnya]-orang Mesir Kuno yang melakukannya ditambah kami, bahkan punya papirus yang seperti twit soal pembangunan Piramida di Giza. Senang bisa berbagi sumber agar Anda bisa mengedukasi diri Anda," tulis Parcak.

Baca Juga: Fakta Piramida Agung Giza, Keajaiban Dunia Kuno yang Tersisa

2. Beberapa netizen menanggapi dengan sarkasme

Mesir Undang Elon Musk Berkunjung Usai Klaim Piramida Dibangun AlienIlustrasi Piramida di Giza, Mesir. unsplash.com/Simon Berger

Netizen lain justru mengolok Musk dan orang-orang yang percaya bahwa Piramida dibangun alien. Salah satunya adalah netizen yang merespons balasan jurnalis Forbes David Gokhstein. 

"Mereka [alien] tidak membangunnya," cuit Gokhstein. Twit ini dibalas dengan tantangan oleh seorang netizen agar ia membuktikan bahwa klaim Musk itu keliru. Akibatnya, netizen lain justru membalas dengan sarkasme.

"Anda tidak bisa membuktikannya... Anda harus mengunjungi setiap planet di alam semesta ini dan bertanya kepada setiap alien, apakah mereka membangunnya. Mereka juga bisa berbohong. Tolong pakai otak Anda," cuit netizen pemilik akun @NolseFTW.

3. Salah satu menteri di pemerintahan Mesir menanggapi cuitan Musk

Setelah viral, Menteri Kerja Sama Internasional Mesir Rania Al Mashat pun menanggapi cuitan Musk. Ia mengundangnya untuk datang langsung ke Mesir agar bisa melihat, mengerti bagaimana Piramida dulu dibangun.

"Saya mengikuti kerja-kerja Anda dengan penuh kekaguman," tuis Al Mashat. "Saya mengundang Anda & SpaceX untuk mengeksplorasi tulisan-tulisan soal bagaimana Piramida dibangun dan juga untuk memeriksa kuburan-kuburan milik mereka yang membangun Piramida. Pak Musk, kami menanti kedatangan Anda."

Baca Juga: Mengintip Uniknya Piramida Mesir, Ada Kamar Berusia 4.600 Tahun  

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya