Misteri Hilangnya Presiden Interpol Tiongkok Terkuak

Ia sempat mengirimkan pesan misterius kepada istrinya.

Lyon, IDN Times - Presiden Interpol, Meng Hongwei sempat hilang secara misterius seminggu ketika mengunjungi Tiongkok. Pada Minggu (7/10), Interpol mengumumkan bahwa Meng telah resmi mengundurkan diri. 

Kabar ini muncul beberapa saat setelah pemerintah di Beijing mengatakan pihaknya melakukan investigasi terhadap Meng.

1. Tiongkok mengonfirmasi bahwa Meng tengah diinvestigasi oleh otoritas berwenang

Misteri Hilangnya Presiden Interpol Tiongkok Terkuakinstagram.com/INTERPOL_HQ

Nasib Meng kemudian terungkap setelah Media lokal CGTN memberitakan bahwa dia diinterogasi oleh otoritas setempat karena melanggar hukum. Hanya saja, Komisi Pusat untuk Inspeksi Kedisiplinan yang dikutip oleh media tersebut tidak menyebutkan detail mengenai bentuk pelanggaran itu.

Tiongkok sendiri baru buka mulut tentang situasi Meng yang juga merupakan salah satu pejabat senior Tiongkok di bidang keamanan itu pada Minggu malam waktu setempat. 

Sebelumnya, ketika kabar tentang hilangnya Meng menjadi pemberitaan internasional, Tiongkok sama sekali tidak mengeluarkan pernyataan apapun. Meng sendiri dilaporkan menghilang setelah terbang dari Prancis menuju kampung halamannya itu pada akhir September lalu.

Baca Juga: Jadi Presiden Seumur Hidup, Xi Jinping Tegaskan Pentingnya Sosialisme

2. Meng sempat mengirimkan pesan misterius kepada istrinya lewat WhatsApp

Misteri Hilangnya Presiden Interpol Tiongkok Terkuaktwitter.com/INTERPOL_HQ

Seperti dilaporkan The Independent, beberapa waktu setelah mendarat di Tiongkok, Meng mengirimkan pesan kepada istrinya melalui aplikasi WhatsApp. Sang istri, Grace, memperlihatkan isi pesan itu kepada wartawan di sebuah hotel di Lyon.

"Tunggu telepon dariku," tulis Meng, yang kemudian disertai dengan emoji pisau. Setelah itu, Grace tak lagi mendengar kabar apapun dari suaminya. "Meski aku tak bisa melihat suamiku, tapi kami selalu terhubung dalam hati," ujar Grace yang meminta agar wajahnya tidak dipublikasikan oleh wartawan demi keselamatannya dan keluarga.

3. Ada spekulasi bahwa Meng terkait dengan kampanye anti-korupsi Presiden Xi Jinping

Misteri Hilangnya Presiden Interpol Tiongkok Terkuakinstagram.com/INTERPOL_HQ

Menanggapi berita ini, Interpol meminta Tiongkok untuk transparan dalam menetapkan status Meng. Sekretaris Jenderal Interpol, Jurgen Stock yang merupakan warga negara Jerman, mengungkapkan permintaan itu melalui Twitter.

"Interpol meminta melalui pejabat penegakan hukum sebuah klarifikasi dari otoritas Tiongkok mengenai status Presiden Interpol Meng Hongwei," tulis Stock. "Kantor Sekretariat Jenderal menanti respons resmi dari otoritas Tiongkok terkait kekhawatiran terhadap kondisi kesehatan Presiden Meng Hongwei."

Apa yang terjadi kepada Meng memunculkan spekulasi bahwa ia menjadi target berikutnya dari kampanye anti-korupsi yang digencarkan oleh Presiden Xi Jinping. Orang terkenal lainnya yang diduga mengalami nasib sama dengan Meng adalah aktris papan atas Tiongkok, Fan Bingbing, yang hingga kini belum diketahui keberadaannya.

Meng sendiri tak lagi menjadi bagian dari Partai Komunis setelah keanggotaannya dicabut. Ia menjabat sebagai petinggi Interpol sejak 2016 dan masa jabatannya akan berakhir pada 2020. Dengan pengunduran dirinya, maka jabatan Presiden Interpol untuk sementara diisi oleh perwakilan Korea Selatan yaitu Kim Jong-yang.

Baca Juga: Aktris Tiongkok Menghilang di Tengah Dugaan Penggelapan Pajak

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya