Misteri Jarum Dalam Stroberi, PM Australia: Ini Setara Terorisme

Warga menemukan jarum jahit di dalam stroberi segar

Sydney, IDN Times - Australia masih was-was dengan skandal stroberi segar mengandung jarum jahit. Ya, jarum-jarum itu tertancap di dalam buah segar itu. Kasus ini sampai membuat Perdana Menteri Australia, Scott Morrison geram. 

Tak tanggung-tanggung, Morrison meminta siapapun yang terbukti ada di balik kasus ini stroberi berjarum itu  dihukum berat.

1. Morrison menyamakan serangan jarum dalam stroberi itu dengan terorisme

Misteri Jarum Dalam Stroberi, PM Australia: Ini Setara Terorismeunsplash.com/Barry McGee

Sejauh ini otoritas Australia menemukan bahwa ada 20 buah stroberi yang di dalamnya terdapat jarum jahit. Menurut Morrison, pelakunya merupakan "pecundang" dan tindakannya itu bukan kejahatan biasa.

Morrison pun menegaskan pihaknya menanggapi dengan serius sebab perbuatan tersebut setara dengan "memiliki video porno anak-anak maupun mendanai aksi terorisme". Ia melanjutkan,"Ini tidak boleh dibiarkan terjadi—tidak di negara ini."

Baca Juga: Ada Jarum dalam Stroberi-stroberi di Australia. Kok Bisa ya

2. Ia meminta pelakunya dihukum selama 15 tahun

Misteri Jarum Dalam Stroberi, PM Australia: Ini Setara Terorismeunsplash.com/Alex Block

Ditemukannya jarum di dalam stroberi-stroberi yang dijual di supermarket itu dikategorikan sebagai kontaminasi makanan secara sengaja. Oleh karena itu, pemerintah Australia menginginkan agar ada hukuman berat bagi pelakunya.

Morrison mengusulkan kepada pihak berwajib agar menghukum si pelaku selama 10 hingga 15 tahun penjara. Ini bukan hanya karena perbuatan tersebut membahayakan nyawa konsumen, tapi juga merugikan para petani stroberi di Australia.

3. Morrison mengimbau warga agar tetap membeli stroberi, tapi harus lebih waspada

Misteri Jarum Dalam Stroberi, PM Australia: Ini Setara Terorismeunsplash.com/Alexander Mils

Sejumlah supermarket terpaksa menarik kembali stroberi-stroberi yang mereka jual karena adanya ketakutan warga akibat perbuatan tersebut. Petani pun terkena dampak sebab penjualan kian menurun. Morrison pun ingin agar warga tidak terlalu lama ketakutan dan kembali membeli stroberi.

"Beli stroberi lagi seperti biasanya, dan bersikaplah waspada seperti seharusnya," kata dia dalam siaran televisi. Otoritas Australia sendiri mengingatkan agar konsumen memotong buah stroberi yang mereka beli terlebih dulu sebelum memakannya.

Baca Juga: Duh Kasus Stroberi Berjarum di Australia Makin Meluas

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya