Comscore Tracker

Pangeran Abu Dhabi Akan ke Indonesia, Bakal Seheboh Raja Salman?

Tak kalah rupawan dari putra mahkota Arab Saudi

Pada Senin (6/3), Kementerian Luar Negeri mengumumkan bahwa Indonesia siap menerima kunjungan kenegaraan Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, seorang Pangeran Mahkota Abu Dhabi, salah satu emirat di Persatuan Emirat Arab (PEA), pada tahun ini.

Indonesia dan Persatuan Emirat Arab akan membahas sejumlah kerjasama.

Pangeran Abu Dhabi Akan ke Indonesia, Bakal Seheboh Raja Salman?UAE Interact

Seperti diungkapkan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, selama kunjungan Sheikh Mohammed nanti, Indonesia dan PEA memiliki rencana untuk mendalami kerjasama yang saling menguntungkan untuk kedua negara di bidang politik dan keamanan, ekonomi, dan sosial-budaya.

Selain persoalan pemberantasan terorisme dan kejahatan transnasional, pemerintah juga melobi PEA untuk memberikan dukungan kepada Indonesia yang mencalonkan sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019-2020. Soal perdagangan, pemerintah Indonesia berharap bisa berpartisipasi dalam dalam Dubai Expo 2020 yang akan diselenggarakan pada Oktober 2020 hingga April 2021 di Dubai.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] Fakta Kedatangan Raja Salman Ini Siap Bikin Kamu Melongo!

Lalu, siapakah sosok Pangeran Mahkota Sheikh Mohammed tersebut?

Pangeran Abu Dhabi Akan ke Indonesia, Bakal Seheboh Raja Salman?BJJ Eastern Europe

Pangeran Mahkota Sheikh Mohammed adalah putra ketiga dari mendiang Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, presiden pertama dari PEA. Pangeran yang berusia 55 tahun ini diangkat menjadi Pangeran Mahkota Abu Dhabi pada November 2004 lalu. Saudara lelakinya, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, saat ini menjabat sebagai Presiden PEA. Selain sebagai Pangeran Mahkota, Sheikh Mohammed juga memegang posisi sebagai Wakil Komandan Angkatan Bersenjata PEA.

Sheikh Mohammed juga memiliki saudara laki-laki lain yang menduduki posisi Wakil Perdana Menteri PEA. Ia adalah Sheikh Mansour bin Zayed Al Nahyan. Tak hanya berpolitik, Sheikh Mansour juga merupakan pemilik perusahaan investasi Abu Dhabi United Group (ADUG) yang pada 2008 membeli klub Liga Inggris, Manchester City, dan menjadikannya salah satu klub terkaya di dunia.

Pernikahan Sheikh Mohammed dengan Putri Salama pada 1981 adalah salah satu pernikahan terbesar yang pernah ada di muka bumi di mana ia menggunakan stadion berkapasitas 20.000 kursi sebagai lokasi pernikahan. Tak tanggung-tanggung, pestanya sendiri menelan biaya hingga Rp 1,3 triliun dan dilaksanakan selama tujuh hari. Dari pernikahan tersebut, Sheikh Mohammed memiliki empat putra dan lima putri.

Lantas, apakah kunjungan Pangeran Mahkota Abu Dhabi ini akan seheboh kedatangan Raja Salman?

Baca Juga: Suka Pulau Bali, Raja Salman Perpanjang Liburannya

Topic:

Berita Terkini Lainnya