300 Mahasiswa AS Membentuk Tameng Hidup Demi Melindungi Mahasiswa Muslim yang Sedang Salat

Bukti bahwa manusia itu sejajar

Diskriminasi itu sudah ada sejak ribuan tahun. Namun, sangat menyedihkan kalau kita tidak pernah belajar dari sejarah bahwa diskriminasi selalu melahirkan berbagai peristiwa buruk seperti perang dan terorisme. Tentu kita tak ingin kembali ke masa lalu saat manusia masih sangat mudah diadu domba karena perbedaan agama maupun ras. Padahal, pelaku adu domba sejatinya hanya menggunakan kita seperti pion-pion di permainan catur untuk mencapai kekuasaan dan kita dengan sukarela menurutinya.

Di Amerika Serikat, fenomena diskriminasi karena agama meningkat setelah Donald Trump dinyatakan menjadi presiden terpilih. Bahkan, ada tendensi bahwa aksi diskriminatif mulai menjadi sesuatu yang dianggap normal dan bisa dilakukan secara terang-terangan seakan itu sesuatu yang benar secara moral dan hukum. Namun, para mahasiswa ini sepertinya sudah merasa bahwa ini saatnya untuk melawan.

Semua berawal ketika seorang mahasiswi muslim di Universitas Michigan dipaksa melepas jilbabnya.

300 Mahasiswa AS Membentuk Tameng Hidup Demi Melindungi Mahasiswa Muslim yang Sedang SalatBenji Bear via upworthy.com

Wakil Presiden Asosiasi Mahasiswa Muslim di Universitas Michigan, Nusayba Tabbah, menyebut bahwa ada peningkatan sentimen anti-Muslim di kampusnya. Pernyataannya itu menyusul terjadinya sebuah peristiwa yang tak seharusnya terjadi di sebuah institusi pendidikan: seorang mahasiswi muslim di universitas tersebut dipaksa melepas jilbabnya dan bila tidak sang pelaku mengancam akan membakar mahasiswi itu hidup-hidup.

Kemudian, Asosiasi Mahasiwa Muslim Universitas Michigan merespon perlakuan keji itu dengan cara ibadah.

300 Mahasiswa AS Membentuk Tameng Hidup Demi Melindungi Mahasiswa Muslim yang Sedang SalatBenji Bear via upworthy.com

Salah satu anggota, Rami Ebrahim, menyarankan untuk melakukan salat isya di lapangan kampus sebagai bentuk perlawanan. Ini adalah bentuk pernyataan bahwa mereka, para mahasiswa muslim, tidak akan tinggal diam atas segala bentuk diskriminasi dan bahwa mereka punya hak yang sama dengan anggota universitas lainnya -- termasuk menjalankan ibadah dengan tenang.

Baca Juga: Kamus Oxford Nobatkan 'Post-Truth' sebagai Istilah Tahun Ini, Ini Artinya!

Tanpa disangka, ratusan mahasiswa non-muslim ikut menjadi benteng hidup yang menjaga teman-teman mereka yang sedang beribadah.

300 Mahasiswa AS Membentuk Tameng Hidup Demi Melindungi Mahasiswa Muslim yang Sedang Salatfacebook.com/MSA National

Dikutip dari upworthy.com, sekitar 300 mahasiswa non-muslim berkumpul di sekitar teman-teman mereka yang sedang beribadah. Mereka bukan sedang menjadi penonton, melainkan sebagai benteng hidup yang melindungi teman-teman muslim yang menjalankan keyakinannya. Tabbah sendiri mengaku terkejut dengan banyaknya orang yang menunjukkan rasa solidaritas mereka di tengah memanasnya sentimen anti-muslim di Amerika.

Tak hanya itu. Dirinya juga mengaku bersyukur atas hal ini. Dia tetap meyakini bahwa mereka berada dalam sebuah komunitas luar biasa yang akan terus menyuarakan ketidakadilan terhadap kaum muslim dan minoritas lainnya.

Pihak universitas pun mengaku prihatin atas aksi-aksi diskriminatif di area kampus.

300 Mahasiswa AS Membentuk Tameng Hidup Demi Melindungi Mahasiswa Muslim yang Sedang SalatBenji Bear via upworthy.com

Melalui akun Twitter resminya, pihak Universitas Michigan memberi pernyataan bahwa universitas prihatin dan terganggu dengan adanya intimidasi-intimidasi di kampus dan mengumumkan bahwa kepolisian setempat sedang menginvestigasi kejadian-kejadian tersebut. Selain itu, rektor universitas juga mengirimkan email kepada seluruh mahasiswa yang berbunyi:

Kita tidak boleh tinggal diam saat menghadapi aksi fanatisme, diskriminasi maupun kebencian yang telah menjadi bagian dari perbincangan politik nasional kita saat ini.

Ini tak hanya berlaku terhadap sentimen anti-muslim. Saat ada ketidakadilan yang dialami oleh penganut agama Kristen, Katolik, Buddha, maupun aliran lain pun kita tak boleh tinggal diam. Tabbah menyuarakan pernyataan penting yang patut kita ingat baik-baik:

Kita tidak bisa membiarkan diri kita menjadi orang yang tak peka terhadap adanya retorika penuh kebencian.

Selain di Universitas Michigan, wali kota Los Angeles juga meyakinkan kaum muslim bahwa pemerintah kota dan kepolisian akan memastikan mereka aman.

300 Mahasiswa AS Membentuk Tameng Hidup Demi Melindungi Mahasiswa Muslim yang Sedang Salatktla.com

Usai kaum muslim menjalankan ibadah shalat Jumat di California Selatan pada 11 November lalu, Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti datang berkunjung dan menyampaikan pesan persaudaraan kepada para jemaat. Eric berjanji kepada mereka bahwa penganut agama Islam di Los Angeles akan selalu aman.

Tidak hanya itu, Eric juga berkata bahwa mereka adalah bagian dari kota Los Angeles dan Amerika Serikat. Segala bentuk diskriminasi terhadap anggota komunitas Islam di kota tersebut adalah diskriminasi terhadap seluruh warga Los Angeles. Pernyataan Eric pun disambut dengan tepuk tangan oleh para jemaat yang hadir.

Baca Juga: Kasus Penistaan Agama Meningkat, Pidana Murni atau Politisasi?

Topik:

Berita Terkini Lainnya