Pejabat Korea Selatan Sarankan Kim Jong-un Stop Merokok

Kemudian hening...

Pyongyang, IDN Times - Chung Eui-yong, seorang Kepala Dewan Keamanan Nasional Korea Selatan, memberikan saran kepada Kim Jong-un agar berhenti merokok. Chung mengutarakannya saat makan malam yang digelar Kim ketika ia berkunjung ke Korea Utara awal bulan lalu. 

1. Suasana di meja makan langsung penuh ketegangan

Pejabat Korea Selatan Sarankan Kim Jong-un Stop MerokokANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Asahi Shimbun melaporkan bahwa peristiwa itu terjadi di markas partai pemerintah pada 5 Maret lalu. Dalam makan malam itu juga hadir sejumlah petinggi Korea Selatan. "Bagaimana kalau berhenti merokok? Itu buruk untuk kesehatanmu," kata Chung seperti dikutip oleh sejumlah sumber.

Usai Chung menyelesaikan kalimatnya, bekas agen mata-mata Kim dilaporkan langsung ketakutan membayangkan bagaimana ia akan bereaksi. Kim memang disebut-sebut menjadi perokok berat. Dalam beberapa foto, ia terlihat tengah asyik menghisap rokok. Salah satunya ketika uji coba rudal.

Baca juga: Hasil Investigasi AS: Korut Bunuh Kim Jong-nam Pakai Zat Kimia

2. Siapapun yang berkunjung ke Korea Utara sangat tidak disarankan untuk menyinggung Kim

Pejabat Korea Selatan Sarankan Kim Jong-un Stop MerokokANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Mantan mata-mata yang disebutkan merasa takut itu adalah Kim Yong-chol. Ia dituding menjadi dalang di balik serangan kapal Cheonan milik Korea Selatan yang menewaskan beberapa orang. Ketakutan Kim sangat beralasan sebab menyinggung perasaan pemimpin Korea Utara sama dengan penodaan agama mengingat di sana ia diposisikan sama seperti Tuhan.

Dilansir dari Japan Times, profesor Institute for National Security Strategy di Seoul bernama Nam Sung-wook mengatakan pernah ada sejarah ketika Kim sangat marah kepada pacarnya karena diingatkan untuk berhenti merokok. Saat itu Kim masih berusia 15 tahun dan adalah pelajar di Swiss.

3. Istri Kim meredakan ketegangan di meja makan

Pejabat Korea Selatan Sarankan Kim Jong-un Stop MerokokANTARA FOTO/KCNA via REUTERS

Beruntung bagi delegasi Korea Selatan sebab kabarnya istri Kim, Ri Sol Ju, mencoba untuk meredakan ketegangan. Mendengar usulan Chung, Ri langsung bertepuk tangan lalu berkata,"Aku selalu memintanya berhenti merokok, tapi dia tak mau dengar." Respons Ri pun menghindarkan Kim dari kemarahan.

Baca juga: Media Korea Utara Klaim Kim Jong-un Bisa Kendalikan Cuaca

Topik:

Berita Terkini Lainnya