Pengadilan Uni Eropa Kabulkan Hak Pasangan Gay untuk Tinggal Bersama

Love is love <3

Bucharest, IDN Times - Pengadilan tinggi Uni Eropa memutuskan bahwa pasangan sesama jenis Romania yang sudah menikah berhak untuk tinggal satu atap pada Selasa (5/6). Keputusan tersebut diambil setelah pemerintah Romania menyatakan warganya tak bisa hidup bersama suaminya yang berasal dari Amerika Serikat.

1. Romania tak memiliki hukum yang mengatur pernikahan sesama jenis

Pengadilan Uni Eropa Kabulkan Hak Pasangan Gay untuk Tinggal Bersamaunsplash.com/Stanley Dai

Seperti dilaporkan BBC, Adrian Coman memegang paspor Romania. Ia menikah dengan kekasihnya, Clai Hamilton, yang berkewarganegaraan Amerika Serikat di Brussels pada 2010. Namun, Hamilton terbentur izin tinggal sebab Romania tidak melegalkan pernikahan sesama jenis.

Akhirnya, pasangan ini menuntut pemerintah Romania dengan tuduhan telah melakukan diskriminasi berdasarkan orientasi seksual. Dari pengadilan dalam negeri Romania, kasus tersebut sampai ke Pengadilan Tinggi Uni Eropa.

2. Uni Eropa menegaskan bahwa negara anggota harus patuh

Pengadilan Uni Eropa Kabulkan Hak Pasangan Gay untuk Tinggal Bersamaunsplash.com/Alice Donovan

Meski Romania tidak mengesahkan pernikahan sesama jenis, tapi Pengadilan Tinggi Uni Eropa menegaskan bahwa negara anggota harus mengikuti aturan mereka. Hakim menyebut bahwa Uni Eropa memperbolehkan pasangan sesama jenis untuk tinggal bersama, dan ini berlaku juga untuk negara anggota.

"Walau negara anggota memiliki kebebasan untuk mengesahkan pernikahan sesama jenis atau tidak, tapi mereka tak boleh mengganggu kebebasan tinggal warga Uni Eropa dengan menolak memberikan pasangan sesama jenisnya, warga negara bukan anggota Uni Eropa, izin tinggal di wilayah mereka," bunyi keputusan pengadilan.

3. Keduanya menyambut dengan gembira

Pengadilan Uni Eropa Kabulkan Hak Pasangan Gay untuk Tinggal Bersamaunsplash.com/Kirsty Lee

Mendengar keputusan hakim Uni Eropa, baik Coman maupun Hamilton mengaku merasa bahagia. "Kami kini bisa melihat setiap pejabat publik di Romania dan seluruh Uni Eropa dengan keyakinan bahwa hubungan kami sama berharga dan relevannya dengan yang lain," kata Coman usai pembacaan putusan.

"Kami bersyukur kepada Pengadilan Tinggi Uni Eropa dan semua orang serta lembaga yang telah mendukung kami, dan melalui kami, pasangan sesama jenis lainnya yang berada di situasi yang sama. Harga diri manusia yang menang hari ini."

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya