Topan Terjang AS, Puluhan Lansia Terjebak di Panti Jompo

Setelah viral di media sosial, mereka lalu dievakuasi.

Sejak akhir pekan kemarin, topan Harvey menerjang sejumlah titik di negara bagian Texas, Amerika Serikat. Kota Houston menjadi daerah yang paling parah terkena dampaknya. Hujan deras yang turun pun membanjiri Houston dan sejauh ini sudah menewaskan lima orang.

Penghuni sebuah panti jompo terjebak dan separuh tubuh mereka terendam air.

Topan Terjang AS, Puluhan Lansia Terjebak di Panti Jompo  twitter.com/DividendsMGR

Seluruh lapisan masyarakat di Texas menjadi korban dari bencana alam yang disebut-sebut paling buruk pernah terjadi negara bagian itu. Salah satu yang paling rentan adalah kelompok lansia yang tinggal di panti jompo bernama La Vita Bella.

Dikutip dari ABC, seseorang bernama Timothy McIntosh mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan kondisi di panti jompo itu. Beberapa nenek terlihat tak berdaya dan separuh bagian tubuh mereka terendam dalam air.

"Panti jompo La Vita Bella di Dickinson, Texas, hampir tenggelam dengan penghuni panti jompo di dalamnya. Butuh bantuan darurat segera, tolong RETWEET," tulis McIntosh. Tak berapa lama kemudian, foto tersebut langsung viral.

Namun, ada juga yang sempat menduga foto itu palsu. McIntosh pun menjelaskan bahwa itu foto asli karena ibu mertuanya lah yang memiliki panti jompo tersebut. 

Baca Juga: 2 Juta Warga Amerika Meninggalkan Rumah Seiring Topan Matthew yang Kian Mendekat

Setelah foto itu viral, tim evakuasi pun datang.

Topan Terjang AS, Puluhan Lansia Terjebak di Panti Jompo  Adrees Latif/Reuters

Seperti dilaporkan media lokal Galveston The Daily News, koordinator tim tanggap bencana Dickinson, David Popoff, mengonfirmasi bahwa ada 18 orang yang diselamatkan dari panti jompo tersebut pada Minggu siang (27/8). "Kami sudah mengevakuasi para nenek dan kakek dari sana," kata Popoff.

Selain di panti jompo tersebut, rupanya sejak akhir pekan ada lebih dari 1.000 panggilan darurat dari masyarakat. Sembari menunggu, mereka terpaksa menempati atap rumah untuk selamat dari banjir. "Bencana seperti ini belum pernah terjadi & semua dampak belum diketahui & melampaui apa yang pernah dialami," tulis akun Badan Cuaca Nasional pada Senin pagi (28/8).

Baca Juga: Anak Kucing Lucu Ini Diselamatkan dari Badai Matthew dan Diberi Kaos Kaki Penghangat

Topik:

Berita Terkini Lainnya