Kisah Gadis Penyandang Down Syndrome yang Ikut Kontes Kecantikan

Kalau menang, bisa maju ke Miss USA...

Minnesota, IDN Times - Seorang perempuan penyandang down syndrome berhasil menjadi salah satu peserta kontes kecantikan di Minnesota, Amerika Serikat, di mana pemenangnya akan berlomba di ajang Miss USA. Dikutip dari The Independent, Mikayla Holmgren, mengaku percaya diri dengan kemampuannya dan tak membiarkan suatu kekurangan menghalanginya untuk mewujudkan impian.

Ia adalah penyandang down syndrome pertama yang mengikuti ajang kecantikan itu.

Kisah Gadis Penyandang Down Syndrome yang Ikut Kontes KecantikanInstagram Mikayla Holmgren

Holmgren mengaku kepada media lokal, KSTP, bahwa mengikuti kontes kecantikan adalah cita-citanya. Perempuan berusia 22 tahun itu berkata bahwa ia memenuhi syarat untuk bisa bersaing dalam pemilihan ratu kecantikan tersebut.

Ia adalah penyandang down syndrome pertama yang mengikuti pemilihan calon peserta Miss USA. Menurut direktur eksekutif ajang itu, Denise Wallace, Holmgren sudah diterima menjadi kontestan sejak tahun lalu. 

Ini bukan pertama kali Holmgren berkompetisi dalam kontes kecantikan. Pada 2015 lalu ia sukses menjadi pemenang Miss Minnesota Junior Miss Amazing. Kemudian, Holmgren mewakili negara bagian Minnesota dalam ajang Junior Miss Amazing di Los Angeles.

Baca juga: Pertama Dalam Sejarah, Wanita Berjilbab Ini Berhasil Ikut Kontes Kecantikan Amerika Serikat

Meski tak berhasil mewakili Minnesota ke ajang Miss USA, tapi ia tetap membawa pulang trofi.

Kisah Gadis Penyandang Down Syndrome yang Ikut Kontes KecantikanInstagram Mikayla Holmgren

Ajang itu rupanya dimenangkan oleh kontestan bernama Kalie Wright. Sebagai Miss Minnesota, ia akan mewakili negara bagiannya di ajang Miss USA pada 2018. Meski demikian, Holmgren tak pulang dengan tangan kosong.

Selain membuka jalan untuk penyandang down syndrome lain untuk mengikuti ajang serupa, Holmgren pun dianugerahi Spirit of Miss USA dan Director's Award.

Kisah Gadis Penyandang Down Syndrome yang Ikut Kontes KecantikanInstagram Mikayla Holmgren

"Siapapun yang menghabiskan lima menit dengannya tahu bahwa dia adalah orang yang tepat untuk jadi yang pertama mewakili komunitas orang-orang yang perlu melihat diri mereka sendiri melakukan hal seperti ini," kata Wallace.

Baca juga: Dianggap Gagal Sebagai Pria, Begini Curhatan Seorang Queer

Topik:

Berita Terkini Lainnya